Tambahkan Tautan Pada Foto di Instagram Dikenakan Biaya?

Ilustrasi Instagram (Foto: Shutterstock via exsellco)
Ilustrasi Instagram (Foto: Shutterstock via exsellco)

NOTIF.ID, TEKNO – Platform Instagram diberitakan tengah mempersiapkan peraturan baru bagi para pengguna SNS (Social Networking Service) itu. Yakni, mengenai kebijakan Instagram untuk mengenakan biaya pada setiap keterangan foto atau caption yang ditambahkan tautan.

Dilansir dari The Verge, Selasa, 15 September 2020. Diketahui, bahwa Paten tersebut pertama kali diajukan perusahaan induk Instagram, Facebook, pada 2016 lalu.

Hal tersebut terlihat dari notifikasi pop-up yang muncul ketika pengguna menambahkan URL pada keterangan foto.

Dalam keterangannya, tertulis “apakah pengguna ingin membayar 2 dolar AS untuk menayangkan tautan tersebut”.

Aplikasi paten menampilkan pop-up yang meminta pembayaran saat link ditambahkan ke teks. (Foto: The Verge)

Aplikasi paten (berjudul “menambahkan tautan berbayar ke teks media dalam sistem jejaring sosial”) menjelaskan bagaimana sistem akan bekerja:

“Jika sistem online mendeteksi konten teks dari teks tersebut termasuk string teks tautan yang mengidentifikasi alamat, online sistem meminta pengguna yang memposting untuk membayar biaya sebagai imbalan untuk menghasilkan tautan,”.

Soal kebijakan tersebut tentu saja telah lama menjadi keluhan terbesar bagi para pengguna setia Instagram:

Jika kalian ingin menyertakan tautan ke cerita, produk, atau apa pun dalam kiriman, kalian tak dapat menambahkan URL ke dalam keterangan foto.

Namun, pengguna Instagram kini banyak yang mengakali menggunakan rute “tautan di Bio”, dan pengguna Insta terverifikasi dapat menambahkan tautan ke Stories.

Tetapi, menurut juru bicara perusahaan bahwa tautan berbayar tidak akan dimunculkan pada teks Instagram dalam waktu dekat ini.

“Kami tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan fungsi ini di Instagram,” kata juru bicara tersebut via email kepada The Verge. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here