Pentagon Bentuk Gugus Tugas Khusus Untuk Selidiki Fenomena UFO

Tangkapan layar video penampakan UFO yang dirilis Pentagon (Foto: Dok. US Navy via Live Science)

NOTIF.ID, AMERIKA – Pembentukan gugus tugas baru oleh Pentagon untuk menyelidiki Unidentified Flying Object (UFO) akan diresmikan dalam beberapa hari mendatang. Satuan tugas baru tersebut dibentuk untuk menyelidiki UFO yang telah diamati oleh pesawat militer Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari CNN, Komite Intelejen Senat AS pada Juni lalu telah memutuskan untuk memaksa Pentagon dan badan intelejen lainnya untuk memberikan analisis terbuka. Keputusan ini diambil menyusul Pentagon yang merilis tiga video berdurasi singkat tentang fenomena tersebut.

Wakil Menteri Pertahanan AS, David Norquist disebutkan akan membantu mengawasi satuan tugas tersebut, yang sebelumnya sempat dipimpin oleh Angkatan Laut AS.

Upaya tersebut dilakukan Pentagon untuk mengidentifikasi fenomena udara yang tak teridentifikasi karena banyak penemuan yang berhasil didokumentasikan oleh pesawat mereka.

Anggota Kongres dan pejabat Pentagon memang telah lama menyatakan keprihatinan tentang kemunculan pesawat tak dikenal yang terbang di atas pangkalan militer AS. Menurut mereka, hal tersebut dapat menimbulkan risiko bagi jet militer AS.

Sebelumnya, Pentagon juga sempat meluncurkan program khusus untuk mempelajari rekaman-rekaman video tentang fenomena objek-objek di angkasa yang tak teridentifikasi.

Namun, program yang sempat diluncurkan pada 2007 lalu itu berakhir pada 2012, karena Pentagon meyakini ada program lainnya yang lebih layak didanai.

Mantan kepala program tersebut, Luis Elizondo, pada 2017 lalu mengklaim bahwa dirinya secara pribadi meyakini ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia tidak sendirian di alam semesta ini.

Namun, hingga kini tak ada konsensus mengenai asal-usul pesawat tak dikenal yang berhasil didokumentasikan, dan beberapa pejabat mempercayai bahwa mungkin saja pesawat tak dikenal tersebut merupakan drone musuh yang berpotensi untuk mengumpulkan data intelijen daripada makhluk luar angkasa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here