Butuh Waktu Dua Jam, Sarang Tawon Ndas Akhirnya Berhasil Dievakuasi Petugas Damkar Sumedang dari Rumah Warga

Tim pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang mengevakuasi sarang tawon yang menempel di pelafon rumah warga, di Lingkungan Lembur Tengah, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis 13 Agustus 2020, malam.(ist)

NOTIF ID, SUMEDANG – Tim pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengevakuasi sarang tawon jenis vespa affinis atau tawon ndas yang menempel di plafon salah satu rumah milik warga, Kamis 13 Agustus 2020, malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Notif, sarang tawon itu berada di atap rumah Iwan Setiawan (35), Lingkungan Lembur Tengah RT 03/01, Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

“Kami evakuasi dan amankan sarang tawon berdiameter sekitar 40 sentimeter yang menempel di plafon rumah warga. Evakuasi kami lakukan malam hari,” ucap Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang, Bambang Riyanto dihubungi Notif, Jumat 14 Agustus 2020.

Baca Juga:   Petugas Damkar Sumedang Evakuasi Sarang Tawon Vespa yang Sengatannya Mematikan di Atap Rumah Warga

Bambang mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 10.30 WIB bahwa adanya sarang tawon yang mengganggu warga. Setelah mendapatkan laporan itu, tim langsung ke lokasi untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut sekitar pukul 20.00 WIB.

“Evakuasi berjalan lancar, butuh waktu selama dua jam dalam evakuasi sarang tawon itu,” ucapnya.

Bambang menambahkan, evakuasi sarang tawon dilakukan dengan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), yakni disemprot terlebih dahulu dengan cairan bensin atau obat nyamuk cair bersamaan dengan lubang-lubang sarang tawon ditutup. Sehingga tawon mati.

“Dibiarkan dulu sekitar 15 menit agar dipastikan tawon mati dan setelah itu baru dieksekusi dimasukkan ke dalam karung dan ditutup rapat-rapat untuk dimusnahkan,” kata dia.

Baca Juga:   Petugas Damkar Sumedang Evakuasi Sarang Tawon Vespa yang Sengatannya Mematikan di Atap Rumah Warga

Bambang mengimbau warga jika melihat sarang tawon dan mengganggu serta membahayakan keselamatan jiwa agar segera menghubhngi petugas Damkar.(kia/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here