Alami Peradangan dan Nyeri Akibat Hidung Tersumbat? Ikuti 8 Cara Pengobatan Efektif Ini

Ilustrasi HidungTersumbat. (Foto: Istockphoto/Tharakorn via CNNIndonesia)

NOTIF.ID, HEALTH – Gangguan hidung tersumbat tak hanya disebabkan oleh alergi atau menghirup polusi udara. Penyebab hidung tersumbat lainnya berupa sinusitis, dan infeksi, contohnya ISPA dan influenza yang dapat menyebabkan selaput yang melapisi saluran hidung meradang.

Lendir yang menyumbat pada hidung mempunyai fungsi untuk mengusir segala sesuatu yang mengganggu. Lendir pengusir gangguan inilah yang membuat hidung jadi tersumbat.

Namun, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat yang benar dan efektif? Berikut Notif rangkum dari beberapa sumber.

1. Uap Hangat Bawang Putih

Cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat ialah dengan menghirup uap hangat bawang putih. Bawang putih dipercaya mengandung antibakteri dan antijamur yang berguna untuk banyak hal, salah satunya mengatasi hidung tersumbat.

Caranya, potong beberapa siung bawang putih menjadi bagian kecil, kemudian letakkan di dalam panci berisi air dan panaskan. Selanjutnya, hiruplah uap tersebut.

2. Kompres Hangat

Dengan menempelkan kompres hangat di dahi dan di atas hidung, dipercaya dapat mengatasi atau mengurangi gejala hidung tersumbat. Sensasi hangat yang diberikan kompresan dapat meredakan peradangan di hidung.

3. Gunakan Humidifier

Cara modern untuk dicoba ialah dengan menggunakan humidifier (pelembab udara). Humidifier merupakan alat yang dapat mengubah air menjadi uap, yang dapat melembapkan suhu di dalam ruangan.

Para peneliti percaya bahwa humidifier efektif untuk menenangkan iritasi pada jaringan dan pembuluh darah yang bengkak. Dengan menghirup udara yang lembap, dapat mengurangi jumlah lendir di dalam hidung sehingga pernapasan menjadi normal.

4. Mandi Air Hangat

Uap dari air hangat saat mandi dapat meredakan peradangan dan menipiskan lendir yang ada di dalam hidung. Dengan mandi air hangat, dipoercaya bisa membuat pernapasan menjadi normal kembali.

5. Konsumsi Air Putih Teratur

Minum air putih secara teratur dapat mengencerkan dan mendorong lendir di saluran hidung keluar, sehingga mengurangi tekanan pada sinus. Saat sinus tak lagi tertekan maka iritasi dan peradangan akan hilang.

Jika hidung tersumbat terjadi bersamaan dengan sakit tenggorokan, konsumsi teh atau sup hangat dapat membantu mengurangi peradangan akibat hidung tersumbat.

6. Buang Lendir Hidung dengan Tissue

Orang yang sedang mengalami hidung tersumbat cenderung menghirup ingus yang ada di hidung. Gunakanlah Tissue bersih sekali pakai untuk membuang lendir di lubang hidung. Mendorong lendir keluar secara halus dari lubang hindung lebih baik dalam mengatasi hidung tersumbat.

7. Gunakan Nasal Spray

Bila cara diatas sudah dicoba namun belum juga dapat meredakan hidung tersumbat, gunakan lah nasal spray atau obat semprot hidung. Nasal spray merupakan cairan obat berupa garam yang disemprotkan ke hidung.

Cara ini dilakukan untuk membuat bagian dalam hidung menjadi lebih lembap, sehingga lendir menjadi lebih encer. Selanjutnya, hidung akan terasa lebih lega.

Meskipun sudah terbukti dapat digunakan untuk membantu meredakan hidung tersumbat. Untuk penggunaannya, disarankan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum membuat larutan ini untuk menyemprot hidung. Hal ini terkait dengan takaran yang tepat dan aman.

8. Gunakan Nasal dekongestan: Oxymetazoline.

Kandungan obat ini berfungsi mengurangi pelebaran pembuluh darah di hidung, sehingga mengurangi penyumbatan pada hidung. Oxymetazoline dapat bekerja pada hidung mampet yang disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti batuk pilek, flu, alergi, dan sinusitis.

Nasal dekongestan yang mengandung oxymetazoline efeknya pun cukup cepat dibandingkan dengan meminum obat. Caranya, semprotkan ke salah satu lubang hidung dengan menutup lubang hidung lainnya. Posisikan kepala tetap tegak.

Semprotkan ketika sedang menarik napas. Jaga agar cairan tidak menyemprot ke mata. Lakukan pada lubang hidung yang satunya. Setelah itu, bersihkan ujung botol semprotan dengan air hangat, lalu keringkan. Simpan di tempat kering dan hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.

Disarankan, jangan menggunakan Nasal dekongestan terlalu sering. Penggunaannya hanya disarankan dua kali sehari, setiap 10-12 jam sekali. Perhatikan juga lama pemakaiannya. Obat ini tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari terus menerus. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here