Kesulitan Beli Kuota untuk Belajar Secara Daring, Ratusan Siswa SD di Pasirjambu Dapat Bantuan Pendidikan

Seorang siswa SD di Desa Sugihmukti, Kecamatan PAsirjambu mendapat beasiswa pendidikan dari PT Geo Dipa Energi Unit Patuha, Rabu 12 Agustus 2020.(ist)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Setidaknya, ratusan orang tua siswa SD di desa penyangga PT Geo Dipa Energi Unit Patuha, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, ratusan siswa SD itu mendapat bantuan pendidikan untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tengah pandemi Covid-19.

PT Geo Dipa Energi Unit Patuha sedikitnya memberikan 300 bantuan santunan kepada para siswa SD di Desa Sugihmukti, Desa Alam Endah, dan Desa Panundaan, Kecamatan Pasirjambu. Bantuan tersebut merupakan program Community Development yang memang rutin diberikan kepada desa penyangga setiap tahunnya.

“Biasanya program rutinan ini kami berikan bersamaan saat safari ramadan. Mengingat urgensi pandemi Covid-19, maka bantuan ini kami pisah,” ujar Public Relation PT Geo Dipa Energi Unit Patuha, Maria Rahmawati, Rabu 12 Agustus 2020.

Menurut Maria, bantuan pendidikan itu berupa peralatan sekolah dan uang tunai Rp150 ribu untuk 250 orang siswa dari kalangan keluarga tidak mampu. Selain itu, PT Geo Dipa Energi Unit Patuha juga memberikan bantuan beasiswa kepada 50 siswa berprestasi dari tiga desa tersebut.

Baca Juga:   Begini Reaksi Keluarga Tentang Polisi yang Bawa Mahasiswa dari Papua ke RSJ

“Untuk beasiswa nominalnya Rp500 ribu. Beasiswa ini kami berikan kepada siswa yang lulus SD dengan nilai yang bagus untuk melanjutkan ke SMP,” kata dia.

Maria berharap, bantuan tersebut setidaknya bisa meringankan beban orang tua siswa dalam menghadapi pembelajaran secara daring di tengah pandemi. Sebab, ia menyadari bahwa banyak orang tua siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran secara daring itu.

“Saya dengar banyak orang tua siswa dan siswanya yang kesulitan. Seperti tidak memiliki biaya membeli kuota, atau tidak memili gadget. Semoga bantuan dari PT Geo Dipa ini sedikit meringankan beban mereka,” kata dia, seraya mengucap agar pendidikan di tiga desa tersebut bisa lebih maju lagi.

Baca Juga:   Bupati Bandung akan Beri Keringanan Bagi Calon Peserta Didik Baru yang Orang Tuanya Terdampak Covid-19

Sementara itu, Kepala Desa Sugihmukti, Ruswan Buchori sangat mengapresiasi langkah PT Geo Dipa Energi Unit Patuha yang telah agresif dalam emmberikan bantuan pendidikan bagi desa penyangga. Menurutnya, bantuan yang diberikan PT Geo Dipa Energi Unit Patuha sangat bermanfaat.

Terlebih, kata dia, bantuan tahun ini jumlahnya lebih banyak ketimbang bantuan di tahun sebelumnya. “Kuota bantuannya bertambah. Di desa kamia da sekitar 125 orang siswa dari 7 SD di yang mendapat bantuan,” kata dia.

Menurut dia, bantuan pendidikan memang diperlukan bagi siswa saat ini. Apalagi siswa dari kalangan keluarga yang tidakmampu. Sebab, proses pembelajaran secara daring di tengah pandemi Covid-19 ini menuntut seluruh siswa harus mengikuti pembelajaran secara online.

“Memang banyak warga yang notabene orang tua siswa yang mengeluhkan beratnya mengikuti pembelajaran secara daring. Karena , kan, harus mengeluarkan biaya lagiuntuk membeli kuota atau membeli smartphone. Dan tidak semua orang tua siswa di desa kami berpenghasilan baik,” kata dia.

Baca Juga:   Pesan Kadisdik Sumedang untuk Orang Tua Siswa yang Terpaksa Membimbing Anaknya Belajar di Rumah

Ruswan menambhakan, program bantuan pendidikan yang diberikan PT Geo Dipa Energi Unit Patuha sejalan dengan program pendidikan Pemerintah Desa Sugihmukti. Pasalnya, Pemerintah Desa Sugihmukti juga memrogramkan beasiswa bagi siswa SMP yag melanjutkan ke SMA.

“Kalau Geo Dipa programnya bantuan pendidikan untuk sisw dari TK ke SD, dan dari SD ke SMP. Programnya sejalan. Jadi ada sinkronisasi. PT Geo Dipa Energi Unit Patuha snagat memperhatikan sekali kondisi masyarakat di desa kami,” kata dia.

Ruswan berharap bantuan pedidikan tersebut bisa memberikan stimulus bagi siswa di Desa Sugihmukti untuk terus giat dan semangat belajar. Pemberian beasiswa, kata dia, juga dinilai akan memotivasi siswa agar belajar lebih baik lagi. “Sehigga kualitas sumber daya manusia di desa kami bisa lebih maju lagi,” ucapnya.(put/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here