Anggota Linmas Wajib Menjaga Kenetralitasan Menghadapi Pelaksanaan Pilbup Bandung 2020

Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Bandung Rahmatullah Mukti Prabowo.(notif.id)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Satpol PP Kabupaten Bandung telah memberikan pemahaman kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) agar tetap bersikap netral menghadapi Pilbup Bandung 2020. Pasalnya, Linmas menjadi garda terdepan dalam menciptakan kondusifitas wilayah menjelang pelaksanaan Pilbup Bandung 2020.

Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Bandung Rahmatullah Mukti Prabowo menuturkan, kenetralitasan perlu diterapkan agar anggota Linmas bisa lebih peka adanya gejolak di masyarakat.

“Kami tekankan agar mereka tetap netral. Karena mereka adalah garda terdepan mengahadapi Pilkada Serentak tahun ini. Terlebih mereka memiliki tugas untuk tetap menjaga kondusifitasan di masyarakat,” kata Bowo sapaan akrabnya di Soreang, Selasa 4 Juli 2020.

Menurut Bowo, sedikitnya ada sekitar 5.600 anggota Linmas yang tersebar di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bandung dan tercatat di Satpol PP. Setiap desa, kata dia, terdapat minimal 20 anggota Linmas.

Dikatakan dia, ribuan anggota Linmas tersebut telah mengikuti pelatihan untuk mendeteksi dini dugaan adanya gejolak di masyarakat akibat tensi politik yang memanas.

“Anggota Linmas di Kabupaten Bandung sudah terlatih. Bela negaranya sudah teruji. Karena pelatihan sudah kami berikan saat pelaksanaan Pilkades lalu,” kata dia.

Dalam pelatihan itu, kata dia, selain dibekali cara mendeteksi adanya gejolak di tengah masyarakat, anggota Linmas juga diberikan cara mencatat dan melaporkan adanya permalasahan prapelaksanaan hingga pascapelaksanaan Pilbup Bandung 2020.

“Karena mereka adalah ujung tombak pembinaan masyarakat, maka pembekalan itu penting. Kami sudah tidak khawatir dengan kemampuan mereka. Karena sudah tercermin saat Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung yang berjalan aman,” kata dia.(put/ell)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here