20 Khasiat Doa Nurbuat untuk Urusan Dunia Akhirat, Bahkan Bisa Membantu untuk Bertemu Rasul dalam Mimpi

Ilustrasi berdoa dalam islam.(Foto: Islami.co)

NOTIF.ID, ISLAM – Doa adalah suatu ibadah yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Sebab, doa sendiri memiliki arti memohon sesuatu yang baik kepada Allah agar bisa dikabulkan oleh Allah dan terhindar dari bencana serta mara bahaya.

Allah berfirman dalam Al Quran Surah Al Mu’min ayat 60:

وَ قَالَ رَبُّکُمُ ادۡعُوۡنِیۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَکُمۡ ؕ اِنَّ الَّذِیۡنَ یَسۡتَکۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِیۡ سَیَدۡخُلُوۡنَ جَہَنَّمَ دٰخِرِیۡنَ

Artinya: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan permintaanmu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong yang tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina.” (QS. Al Mu’min ayat 60).

Dengan firman Allah itu, maka jelas bahwa seluruh umat manusia diperintahkan untuk berdoa dan memohon hanya kepada Allah SWT. Dan jika manusia berdoa, maka Allah akan mengabulkan doanya.

Di kalangan umat Islam baik ulama maupun kiai, ada satu doa yang cukup terkenal dan sering diamalkan. Itu adalah Doa Nurbuat atau Nurun Nubuwah yang berarti cahay kenabian. Dalam riwayat, doa ini diturunkan Allah dan disampaikan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Doa Nurbuat dalam bahasa Arab:

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Nurbuat dalam Latin Indonesia:

Baca Juga:   Keutamaan Menghidupkan Malam di Bulan Ramadan

“Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqoal qaulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqan.

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzaalimiina illaa khasaaraa. Subhaana rabbika rabbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahirabbil‘aalamiin.”

Artinya:“Wahai Tuhanku, pemilik kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Al Quran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila.’ Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah : “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Al Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Baca Juga:   Mengurusi Aib Orang Lain Salah Satu Faktor Doa Tak Dikabulkan Allah, Instrospeksi Dirilah!

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Berikut adalah Keutamaan Doa Nurbuat dikutip dari berbagai sumber :

  1. Mengingatkan diri Pada Allah Maha Agung – Doa ini diawali dengan kalimat-kalimat memuji Allah yang sangat indah.
  2. Dapat membantu kita bermimpi bertemu Nabi – Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa ingin berjumpa para nabi, maka bacakan 100 kali doa ini, kemudian tidur, insya Allah akan bermimpi bertemu para nabi, dan barang siapa yang rajin mengamalkan doa ini, maka orang yang memandangnya akan merasa kasih sayang , dan jika kamu ingin dimuliakan, bacalah doa ini.”
  3. Disukai banyak orang – Dalam doa ini terdapat kalimat “cintakanlah semua manusia” yang khasiatnya adalah membuat orang lain menyayangi kita.
  4. Dimohonkan ampunan Allah oleh malaikat – Jika kita membacanya pada malam hari, maka malaikat akan memohonkan ampun pada Allah atas dosa-dosa kita dan hal-hal yang menghapus amal ibadah.
  5. Ditambah kekayaan – Dalam doa ini terdapat kalimat “perbanyaklah harta bendaku dan pengikutku”. Doa ini meminta secara gamblang dan jelas untuk dibanyakkan rizkinya.
  6. Dikabulkan hajatnya – Doa ini juga mengandung kalimat meminta dikabulkan hajatnya. Maka ketika sampai pada kalimat “wa aqdhi khajadi” hendaknya memberi jeda untuk meminta hajat pada Allah dengan khusyu’
  7. Menyembuhkan yang sakit – Doa ini juga memiliki kalimat permohonan untuk penyembuhna sakit. maka ketika sampai pada kalimat wa shohhikh ajsaadi hendaknya mengusap-ngusap bagian tubuh yang sakit sambil mengulang-ulang kalimat diatas.
  8. Dapat mendamaikan orang bertengkar – Dalam doa ini terdapat kalimat wa khabbib linnasi ajma’iina wa tabaa’adil ‘adaawata kullaha min biniii aadama ‘alaihis salaama  kalimat ini juga dengan gamblang memohon kedamaian bagi seluruh Anak Adam di dunia dengan saling mencintai.
  9. Mendapatkan kemuliaan dimata orang lain
  10. Dipanjangkan umurnya – Pada kalimat Thowwil umrii, meminta untuk dipanjangkan umurnya.
  11. Menjadikan wajah tampak lebih cerah jika membacanya dengan istiqomah – Amalan-amalan yang dilakukan secara istiqomah pasti dapat membuat wajah kita terpancar cerah. Itu adalah karena hati kita dibersihkan oleh amalan-amalan istiqomah tersebut. Apalagi doa ini adalah doa nurun nubuwwah yang mana artinya adalah cahaya kenabian.
  12. Dijauhkan dari kekufuran – Bila anda membaca lima puluh kali pada malam jumat, insya Allah anda kan dijauhkan dari kekufuran. Seperti dalam kalimat wa in yakaadul ladziina kafaru layuzlikuunaka biabshoorihim lamma sami’ul ladzikro wa yaquuluuna innahu lamajnuun juga mengingatkan kita bahwa orang kafir adalah pendusta.
  13. Dapat menghindari gangguan Jin dan melihatnya – Dalam doa ini juga terdapat aaqilil khasani wal khusaini min anfusil khaqqi ‘ainil qudroti wan nadziriinawa ‘aynil insi wal jinni yang mana dapat menghilangkan gangguan jin serta dapat dilihatkan wujud-wujud yang ghaib.
  14. Dilindungi dari sihir – Jika membaca doa ini pada waktu matahari hampir terbenam, maka Allah akan menghindarkan kita dari sihir.
  15. Mengingatkan kita atas kemulyaan dan kebenaran AL Quran dan keajaiban al-quran di dunia.
  16. Dikabulkan doanya – Dalam hal ini diibaratkan dikabulkannya doa Lukman Hakim: Wa mustajaabu luqmaanal khakiim
  17. Ditunjukkan kebenaran – Doa ini juga mengandung kata untuk ditunjukkan pada kebenaran dan kebatilan pasti akan musnah. Maka doa ini menuntun kita untuk menjauhi hal yang bathil pula.
  18. Diangkat derajatnya di dunia – Jika ingin mempunyai kedudukan yang tinggi di dunia, maka perbanyaklah membaca doa ini.
  19. Menundukkan binatang liar.
  20. Memudahkan jika ada wanita yang akan melahirkan – Maka jika melahirkan hendaklah perbanyak membaca doa ini.
Baca Juga:   Agar Tak Keliru, Berikut Hukum dan Ketentuan Membayar Utang Puasa Jika Ramadan Berikutnya Tiba

Demikian keutamaan keutamaan doa ini. Apapun doa kita Insya Allah dikabulkan asal hati kita yakin dan ikhlas serta memiliki iman yang dalam. Wallahu A’lam.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here