Prediksi Astronom, Komet Neowise Akan Dekati Bumi 23 Juli 2020 Ini

"Komet Neowise over Lebanon" (Foto: Maroun Habib/@Moophz/NASA)

NOTIF.ID, TEKNO – Teleskop ruang angkasa telah menangkap pergerakan Komet Neowise atau dengan nama resmi C/2020 F3 pertama kali pada 27 Maret lalu. Diperkirakan, komet Neowise akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 23 Juli.

Dilansir dari laman resmi Daily Mail, “Comet Neowise will be visible in the sky above Britain this month and you don’t need a telescope to see it”. Komet itu akan terlihat di Inggris, tepatnya di langit bagian timur laut pada pukul 02.30 BST.

Para Astronom menyebutkan, komet Neowise bisa dilihat dengan mata telanjang dari mana saja di Inggris selama sisa Juli.

Menurut penjelasan National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengatakan, bahwa “sejauh ini gunung es antarplanet selamat dari pemanasan matahari, dan sekarang menjadi lebih dekat ke Bumi ketika ia memulai perjalanan panjangnya kembali ke tata surya luar.”

Baca Juga:   Malam Ini Komet Lemmon akan Melintasi Langit Indonesia, Warga Bisa Menyaksikan dengan Mata Telanjang

Komet tersebut akan mencapai titik terdekatnya dengan Matahari pada 3 Juli, ketika jaraknya hampir sama dengan bintang seperti Merkurius.

Tampaknya, komet tersebut selamat dari pendekatan yang dekat, sesuatu yang tidak dikelola banyak komet – termasuk ATLAS komet baru-baru ini yang putus.

Selama pendekatan terdekatnya ke Bumi, komet itu akan berada sekitar 64 juta mil jauhnya – atau sekitar 400 kali lebih jauh dari Bulan.

Disebutkan juga, komet Neowise tidak akan menjadi komet yang sangat cerah dibandingkan dengan komet Hale-Bopp yang banyak terlihat pada tahun 1997. Namun, komet Neowise itu akan terlihat spektakuler dengan teropong, meskipun bisa dilihat dengan mata telanjang. (*)

Baca Juga:   Asteroid 2002 PZ39 Bakal Hantam Bumi? AS: Bisa Dibelokkan Orbitnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here