Jika Jadi Zona Hijau Covid-19, Pemkab Sumedang Akan Buka Seluruh Sektor Ekonomi

Ilustrasi New Normal. (Foto: Correcto.id)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, berencana membuka kembali seluruh  sektor ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru (AKB). Langkah ini diambil jika Sumedang telah dinyatakan zona hijau bebas virus Corona (Covid-19).

“Aktivitas ekonomi 100 persen akan dibuka kembali, namun disyaratkan Sumedang berada zona hijau bebas Covid-19,” ucap Juru Bicara Gugus Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri via pesan singkat, Sabtu 4 Juli 2020.

Iwa menyebutkan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak atas perjuangan, kerja keras, curahan tenaga dan pikiran sehingga Covid-19 di kabupaten Sumedang kondisinya cukup terkendali.

Meski begitu, ujar Iwa, dari 13 kasus positif Covid-19 di Sumedang, 10 orang telah dinyatakan sembuh, dan saat ini yang positif Covid-19 tinggal 3 orang pasien lagi yang masih menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Sumedang.

Baca Juga:   Viral!!! Setelah Kerajaan Agung Sejagat, Muncul Kelompok Sunda Empire

“Mudah-mudahan ketiga pasien tersebut cepat sembuh, serta tidak ada kasus baru,” kata dia.

Selain sektor ekonomi, ditambahkan Iwa, aktivitas di sekolah pun akan dibuka. “Sekolah akan dibuka dengan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat,” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Iwa, kepada seluruh warga Sumedang diimbau untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak mengurangi bepergian, menggunakan masker setiap keluar rumah dan rajin mencuci tangan memakai sabun.

“Hal ini untuk menekan angka penyebaran virus, karena keberhasilan menekan angka infeksi Covid-19 ditentukan oleh dukungan semua pihak di era adaptasi kebiasaan baru (AKB),” kata dia. (kia/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here