Dewan Dorong Pemprov Jabar Kembangkan Pertanian Berbasis Kerakyatan di Tengah Pandemi Covid-19

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Tia Fitriani. (Boby Roska/Notif.id)

NOTIF.ID, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat terus mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk melakukan pendampingan dan memfasilitasi masyarakat terdampak Covid-19 kembangkan pertanian berbasis kerakyatan.

“Hal ini bertujuan untuk penerapan Micro Farming Pertanian berbasis kerakyatan pada masa pandemi Covid-19, sekaligus menjadi pola Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),”kata Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Faksi Partai Nasdem, Tia Firiani kepada Notif, Rabu 1 Juli 2020.

Politisi Partai Nasdem ini menyebutkan, saat ini kita mencoba untuk membiasakan masyarakat hidup berdamai dengan virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

Meski begitu, ujar Tia, masyarakat pun diajak untuk bertani dengan memanfaatkan area terbatas di pekarangannya. Misalkan budidaya ikan lele di dalam ember dan di bibir ember bisa ditanami sayuran dalam gelas plastik bekas lalu di bawahnya dilubangi dan diatur mengelilingi bibir ember.

Baca Juga:   Berikut Aktivitas yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat PSBB di Sumedang Berlangsung

“Dengan cara seperti ini masyarakat akan mendapat manfaat langsung selain budidaya ikan lele dan sayuran dapat dikonsumsi sendiri dan keluarga, juga dapat di jual sebagai penghasilan tambahan,”ucapnya. Selain itu, Tia menambahkan, jika budidaya tersebut bisa dikembangkan dan dikelola dengan maksimal.

“Bukan hanya sekedar sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari, tapi juga bisa menjadi mata pencaharian yang mendorong roda perekonomian keluarga ditengah pandemi seperti saat ini,”tuturnya. (boy/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here