Traveloka Luncurkan ‘Online Xperience’ Dukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia

Traveloka - Online Xperience (Foto: Traveloka)

NOTIF.ID, TRAVEL – Perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka yang kini hadir kembali dengan meluncurkan produk terbarunya Online Xperience, pada siaran pers “Traveloka LIVEstyle” (live stream), Jumat, 26 Juni 2020.

Disebutkan, Online Xperience merupakan produk terbaru dari unit bisnis Traveloka yang berfokus di sektor lifestyle yang dirancang untuk mendorong para pengguna agar tetap aktif dan mengasah keterampilannya di era normal baru (new normal). Produk dapat diakses melalui Traveloka Xperience, Online Xperience.

Online Xperience yang sudah dapat diakses sejak 15 Juni 2020 lalu. PRoduk itu menawarkan konten eksklusif kreatif, inspiratif dan edukatif bagi para pelaku kreatif Indonesia. Pengguna dapat mengikuti berbagai program interaktif seperti memasak, kesenian, gaya hidup sehat, hingga keterampilan usaha.

Keistimewaannya lagi, produk andalan Traveloka di era normal baru ini merupakan pilihan tepat, di mana setiap sesinya disiarkan langsung oleh para host tanpa direkam terlebih dahulu.

Dengan demikian, setiap pengguna mendapatkan pengalaman spesial dengan kesempatan diskusi yang lebih mendalam dan interaktif.

Tak hanya itu, Online Xperience merupakan salah satu wujud nyata Traveloka dalam mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pelaku UKM dan Pemerintah.

Baca Juga:   Deding Ishak: Penerapan New Normal Harus Dikaji Matang, Jangan Ada Kesan Diskriminatif

Mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Joshua Simanjuntak, selaku Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, dalam siaran pers mengaku, mendukung dan mengapresiasi langkah yang diambil oleh Traveloka yang tidak hanya menghadirkan inovasi dalam beradaptasi dengan situasi terkini, namun juga membantu para pelaku industri di sektor ekonomi kreatif.

“Di era normal baru, pemanfaatan teknologi serta kolaborasi antar berbagai pihak menjadi krusial demi mempercepat adaptasi serta pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Telah sama-sama kita ketahui bahwa industri ini merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi COVID-19 dan inisiatif seperti Online Xperience dapat memberikan kontribusi positif, baik bagi masyarakat maupun pelaku industri,” tuturnya.

Ia mengatakan, dengan adanya produk terbaru dari Traveloka Online Xperience turut mendorong para ekonomi kreatif untuk tetap berkarya.
“Ini juga sejalan dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk tetap berkarya di tengah situasi menantang ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, Joshua pun mengapresiasi Traveloka atas implementasi AADC (Accept, Adapt, Digital, dan Creative Collaboration).

“Online Xperience merupakan cerminan atas implementasi prinsip AADC yang kami gagas untuk dapat diadopsi oleh para pemain kreatif lokal, yang tidak hanya dapat diterapkan untuk mengatasi situasi pandemi COVID-19, tapi juga sebagai jawaban atas tantangan era digital saat ini.” ungkapnya.

Baca Juga:   Gugus Tugas Sumedang Imbau Warganya Tetap Ikuti Protokol Kesehatan COVID-19

Disatu sisi, Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience menyebutkan, sebagai perusahaan teknologi terkemuka, Traveloka senantiasa juga berupaya untuk menghadirkan inovasi yang dapat menjadi solusi atas kebutuhan pengguna maupun mitra.

“Online Xperience menjadi manifestasi dari komitmen kami dalam beradaptasi dengan perubahan kebiasaan pengguna saat ini yang mungkin masih enggan untuk beraktivitas di luar, namun perlu melakukan hal produktif untuk mengisi waktunya. Online Xperience juga menjadi awal dari dukungan kami terhadap gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, di mana kami mendorong para individu berbakat di tanah air untuk terus berkarya dan berbagi inspirasi, sehingga inisiatif ini dapat menjadi alternatif pendapatan bagi pegiat ekonomi kreatif di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, data gabungan dari Kemenparekraf dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Mei lalu telah mencatat 44.295 pekerja seni dan pekerja kreatif yang terdampak pandemi Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19).

Di tahap awal peluncurannya, Traveloka Xperience telah berkolaborasi dengan para individu yang ahli di bidangnya, seperti Mikael Jasin, pemenang Indonesian Barista Championship (IBC) 2019 & 2020 dan peraih peringkat keempat World Barista Championship 2019; Brian Sumito, fotografer makanan ternama Indonesia; Gloria Susindra, pemilik restoran Mother Monster yang sebelumnya merupakan head chef ST ALi Jakarta; dan banyak individu menarik lainnya.

Baca Juga:   Gugas Sumedang Minta Warga Tak Lepas Kendali dan Bereuforia di Masa Penerapan Adaptasi Kehidupan Baru

Ke depannya, pelaku industri kreatif binaan Kemenparekraf juga akan bergabung di Online Xperience untuk memberikan sesi eksklusif yang inspiratif dan kaya manfaat bagi pengguna Traveloka.

Perlu diketahui, bahwa Sesi Online Xperience merupakan platform berbayar. Kisaran biaya pun ditawarkan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp45.000 hingga Rp573.000, tergantung pilihan kelas dan tingkat kerumitannya.

Harga sesi tertentu juga termasuk pembelian dan pengiriman material yang akan diuji coba selama sesi, dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan masing-masing host. Di edisi perdana Online Xperience, Traveloka Xperience memberikan program Early Bird dengan potongan harga mulai dari 50% untuk pilihan sesi tertentu dan potongan harga 20% jika menggunakan kartu debit Bank Mandiri hingga 31 Juli 2020.

Pengguna juga akan mendapatkan Traveloka Points pada setiap pemesanan produk Online Xperience yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk melakukan pemesanan produk Traveloka lainnya di kemudian hari. (ras/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here