Kali Ke-8 Pesawat Tempur China Dekati Wilayah Taiwan, PLAAF Ancam dan Langgar ADIZ

Pesawat Pembom Xi'an H-6 milik PLAAF China. (Foto: Taiwannews)

NOTIF.ID, TAIPEI/TAIWAN – Pesawat jet tempur pembom China dideteksi mendekati wilayah udara Taiwan pada Senin, 22 Juni 2020. Angkatan Udara Taiwan telah mengonfirmasi kali ke-8 pesawat tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) mengancam negara itu dalam waktu kurang dari dua minggu mendekati wilayah Taiwan.

Dilansir dari Taiwannews, dari laporan CNA. Pada hari Senin lalu, Angkatan Udara Taiwan mengumumkan bahwa pembom strategis PLAAF Xi’an H-6 dan Chengdu J-10 terdeteksi memasuki sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ). Angkatan Udara Taiwan pun merespon dengan mengeluarkan peringatan ke pesawat dan mengirim pesawat pengintai dan patroli udara untuk mencegat mereka.

Setelah bertemu dengan jet patroli Taiwan, pesawat-pesawat itu berangkat dari ADIZ Taiwan. Berdasarkan data Kementerian Pertahanan Nasional, ini adalah kedelapan kali jet militer China mengancam wilayah udara Taiwan dalam 13 hari.

Baca Juga:   Lima Armada Angkatan Laut Australia Turut Gelar Latihan Bersama AS dan Jepang di Laut China Selatan

Tujuh insiden sebelumnya termasuk beberapa jet tempur Su-30 pada 9 Juni, sebuah pesawat transport Shaanxi Y-8 pada 12 Juni, J-10 pada 16 Juni, J-10 dan Y-8 pada 17 Juni, sebuah J- 10 dan Shenyang J-11 pada 18 Juni, J-10 pada 19 Juni, dan J-10 pada 21 Juni.

Diketahui, peristiwa yang diduga ancaman PLAAF terhadap Taiwan terjadi pada hari ketika presiden Taiwan, Tsai Ing-wen mengawasi penerbangan uji coba jet pelatih canggih yang baru dikembangkan secara lokal. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here