Media Sosial Twitter Tambahkan Fitur Baru Berupa Voice Tweets

Voice Tweets. (Foto: Twitter)

NOTIF.ID, TEKNO – Bagi kalian pengguna media sosial Twitter dengan menggunakan perangkat sistem operasi iOS, siap-siap akan kehadiran fitur baru dari Twitter, yakni Voice Tweets.

Dalam blog resmi Twitter menjelaskan, kolom dengan maksimal 280 karakter yang menjadi ciri khas media sosial berlambang burung selama ini dirasa tak cukup.

Menurut Mereka, nuansa percakapan terasa hilang karena kalimat dibuat menjadi singkatan untuk mencukupi setiap karakternya.

Maya Patterson dan Rémy Bourgoin dari Twitter pada Rabu, 17 Juni 2020, mengatakan akan menguji fitur baru Voice Tweets yang dikeluarkan oleh Twitter.

Sekelompok terbatas pengguna Twitter di iOS dapat merekam audio hingga 140 detik. Jika rekaman lebih panjang, itu akan meminta tweet suara baru dan secara otomatis membuat utas.

“Jadi mulai hari ini, kami menguji fitur baru yang akan menambahkan sentuhan manusiawi ketika menggunakan Twitter, yaitu suara anda sendiri,” cuit mereka.

Mereka menjelaskan, ikon berbentuk gelombang akan disematkan di sebelah ikon kamera saat menulis tweet.

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup klik untuk menulis tweet dan ketuk ikon baru dengan panjang gelombang. Rekam suara Anda dan ketuk “selesai” saat selesai. Dan kemudian kembali ke layar komposer untuk menambahkan teks, atau hanya tweet.

Twitter pun menyebutkan, bahwa “dalam beberapa minggu mendatang semua orang di iOS harus dapat menge-Tweet dengan suara mereka.” jelasnya.

Voice Tweets yang didesain hanya dapat ditambahkan ke tweet asli, jadi pengguna tidak dapat memasukkannya dalam balasan atau retweet dengan komentar. Hal kecil lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa gambar profil pengguna akan selalu dilampirkan ke Voice Tweets itu.

“Foto profil Anda saat ini akan ditambahkan sebagai gambar statis pada lampiran audio Anda dan tidak akan diperbarui jika Anda memperbarui foto profil Anda,” ujar Twitter menambahkan.

Pengguna dapat mendengarkan Voice Tweets dengan menekan tombol putar. Di iOS, Twitter mengatakan sebuah dok akan muncul dekat bagian bawah aplikasi sehingga pengguna dapat mendengarkan tweet suara dan terus menggulir melalui timeline.

Namun, kicauan suara dapat menimbulkan tantangan moderasi baru bagi Twitter, dan juga penting untuk mengingat faktor aksesibilitasnya.

Media The Verge meminta Twitter untuk lebih detail menjelaskan tentang bagaimana fitur itu akan membuat lebih mudah bagi orang-orang yang tuli untuk mengakses Voice Tweets.

Melalui balasan email, juru bicara Twitter menjawab pertanyaan tersebut, dan mengatakan bahwafitur baru ini masih dalam masa uji coba.

“ini adalah tes audio awal bagi kami dan kami masih mencari cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan orang-orang dengan kemampuan berbeda.”terang pernyataan tertulis itu.

Namun, disebutkan juga bahwa fitur baru tersebut hanya bisa digunakan oleh sekelompok orang terbatas karena masih dalam pengujian, dan masih belum diketahui kapan fitur itu akan beredar ke semua pengguna termasuk ke perangkat Android. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here