Lima Bacalon Bupati/Wakil Bupati Bandung 2020 dari Partai Gerindra Pekan Depan Akan Jalani Uji Kompetensi

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bandung, Yayat Hidayat.(istimewa)

NOTIF.ID, BANDUNG – DPC Partai Gerindra Kabupaten Bandung berencana akan melakukan uji kompetensi bakal calon bupati/wakil bupati Bandung 2020 pada pekan depan. Pelaksanaan uji kompetensi ini baru akan dilaksanakan akibat terhampat dengan adanya pandemi Covid-19.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bandung, Yayat Hidayat menuturkan uji kompetensi akan diikuti oleh lima kandidat yang sudah ikut dalam tahap penjaringan beberapa waktu lalu.

“Rencana minggu depan (uji kompetensi). Sebetulnya uji kompetensi ini kami akan lakukan pada Maret 2020. Tapi keburu ada Covid-19. Nanti ada lima kandidat yang akan ikut uji kompetensi ini,” kata Yayat Kamis 18 Juni 2020.

Yayat menuturkan, kelima bakal calon itu adalah Asep Hamdani, Ayep Rukmana, Nuke Nugraha, Fery Radiansyah dan mantan wakil manajer Persib A. Mulyana. Kata dia, uji kompetensi dilakukan sebagai salah satu syarat untuk dijadikan bahan pertimbangan DPP Partai Gerindra menentukan calon bupati/wakil bupati dengan mengeluarkan surat rekomendasi.

Baca Juga:   Gerindra Akui Tidak Berkoalisi dengan Golkar Menghadapi Pilbup Bandung

Pasalnya, kata dia, kelima nama bakal calon tersebut juga sudah diajukan ke DPP melalui DPD Jabar setelah DPC Partai Gerindra Kabupaten Bandung menutup waktu penjaringan. “Tinggal nanti untuk menentukan calon bupati/wakil bupati itu adalah ranahya DPP Partai Gerindra. Kami tidak bisa intervensi,” katanya.

Dituturkan Yayat, keluarnya rekomendasi tersebut akan menjadi rujukan bagi pihaknya untuk menentukan langkah selanjutnya dalam tahapan Pilkada Kabupaten Bandung. Begitu pula untuk menjalin koalisi.

Sebab, Partai Gerinda saat ini memiliki tujuh kursi di DPRD Kabupaten Bandung. Jumlah kursi ini maasih sama seperti perolehan kursi di periode sebhelumnya. Untuk mengusung calon bupati/wkail bupati di Kabupaten Bandung, jumlah kursi Partai Gerindra masih kurang. Sebab, syarat pengusungan yaitu minimal 11 kursi. Artinya Partai Gerindra masih butuh empat kursi lagi.

Baca Juga:   KPU Kabupaten Bandung Ajukan Penambahan Anggaran Pilkada Senilai 20,9 M, Bupati Justru Minta Kencangkan Ikat Pinggang

“Saat ini kami belum memikirkan ke arah sana (koalisi). Karena rekomendasi juga belum ada. Jadi apa yang akan kami tawarkan jika calon saja belum ada untuk menjali koalisi dengan parati lain? Tapi untuk komunikasi denga partai lain tetap berjalan. Sah-sah saja kan,” kata dia.(put/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here