Diduga Akibat Habitatnya Terganggu, Kawanan Monyet Liar Serbu Permukiman Warga di Lembang

Tangkapan layar seekor monyet liar tengah bermain-main di atap rumah warga di Kampung Gudang Kahuripan, Lembang, KBB.(ist)

NOTIF.ID, BANDUNG BARAT – Diduga habitatnya terganggu, sejumlah primata ekor panjang turun ke permukiman warga dan menggangu aktivitas warga di Kampung Andir RT 03/06, Desa Gudang Kahuripan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Fenomena turunnya satwa liar ini cukup mengagetkan warga. Terlebih, kehadiran satwa liar tersebut di permukiman warga dinilai cukup mengganggu.

Yusuf Purwanto (43) warga setempat menuturkan jika turunnnya monyet liar itu sudah terjadi sejak dua pekan ini. Ia menduga kawanan monyet liar tersebut mendatangi permukiman warga karena habitatnya rusak dan ketersediaan makanan di alam sudah tidak ada.

“Sudah dua minggu ini monyet-monyet ini datang. Biasanya turun ke permukiman ssat sore hari,” kata Yusuf, Kamis 18 Juni 2020.

Tak hanya mencari makanan, kata Yusuf monyet-monyet liar itu juga kerap mengambil jemuran baju milik warga.

Setiap menyerbu permukiman warga, kata dia, sedikitnya ada sekitar 40 ekor lebih monyet. “Biasanya mereka tinggal di pohon-pohon di wilayah Cadas Gantung,” kata dia.

Kemungkinan besar, kata dia, kawanan monyet liar itu terganggu setelah adanya pembangunan wisata The Great Asia Afrika yang lokasinya berada di bawah Cadas Gantung.

Yusuf pun meminta agar pemerintah dan pihak terkait mencarikan solusi akan keberlangsungan hidup kawanan monyet liar itu tak terganggu lagi. Sehingga, kawanan monyet liar tak mengusik perkampungan warga.

Tuti Mekarsari (42) warga lainnya mengaku cukup terganggu dengan hadirnya kawanan monyet liar itu. Pasalnya, kawanan monyet liar itu kerap mencuri sejumlah makanan di warung miliknya.

Oleh karena itu, Tuti selalu membuka warung pada siang hari dan menutup jika hari menjelang sore. Jika tidak, maka warungnya akan dikerumuni kawanan monyet liar yang kelaparan.

“Datangnya kalau enggak pagi ya sore. Kalau sudah ke sini biasanya mereka suka ambil makanan. Kemarin ambil roti. Kasihan juga, kayaknya mereka juga kelaparan. Jemuran baju warga juga suka diambilin,” katanya.(res/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here