Pabrik Sepatu di Kabupaten Bandung yang Produknya Pernah Digunakan Jokowi Ini Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Bupati Bandung Dadang M Naser meninjau proses produksi sepatu di PT Sinar Runnerindo.(ist)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Berbagai upaya dilakukan oleh pihak manajemen PT Sinar Runnerindo agar pandemi Covid-19 tak menggangu aktivitas produksi atau bahkan merumahkan karyawannya.

Pabrik sepatu yang belakangan diketahui satu dari sekian produk sepatunya pernah digunakan Presiden Joko Widodo ini akhirnya berhasil menerapkan strategi produksinya. Alhasil. jumlah karyawan yang mencapai lebih dari 2.000 orang tak dirumahkan atau di-PHK. Selain itu proses produksi juga tetap berjalan.

Bupati Bandung, Dadang M Naser yang meninjau PT Sinar Runnerindo pada Senin 15 Juni 2020 memberikan apresiasi kepada pihak manajemen. Terlebih pihak manajemen sudah menerapkan protokol kesehatan ditengah produksinya.

“Setelah saya berkeliling saya cukup puas. Perusahaan ini benar-benar memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Dari sisi upah sampai ke UMK. Perusahaan ini bersifat padat karya. Dari produksi hingga pemasaran menggunakan orang lokal,” kata Bupati.

Baca Juga:   Jokowi: Peningkatan Kualitas SDM Dapat Bebaskan Indonesia dari Middle Income Trap

Ia bahkan cukup tercengang dengan hasil produksi bulanan PT Sinar Runnerindo. Pasalnya, dalam sebulan pihak perusaaan bisa memproduksi satu juta pasang sepatu dipasarkan di lokal atau dalam negeri.

“Sejak pandemi ini, mereka akhirnya beralih ke online pemasarannya. Untuk produksinya juga sejak pandemi dan PSBB tetap berjalan. Malah sudah menggunakan protokol kesehatan terlebih dahulu,” kata dia.

Dadang menilai jika PT Sinar Runnerindo bisa dijadikan conoth oleh perusahaan lainnya di Kabupaten Bandung. Mulai dari penerapan protokol kesehatannya, strategi managemen dan marketingnya, dan tetap mepperhatikan karyawannya.

Bupati Bandung Dadang M Naser menunjukkan salah satu produk sepatu bermerek Ventela produksi PT Sinar Runnerindo yang pernah digunakan oleh Presiden Joko Widodo.(ist)

“Ini harus jadi contoh. Saya minta juga seluruh perusahaan di Kabupaten Bandung kembali beroperasi untuk menjaga kstabilan perekonomian,” kata dia.

Baca Juga:   Pemakzulan Presiden Pilihan Rakyat Nyaris Tidak Akan Mungkin Terjadi, TB Hasanuddin Beberkan Alasannya

Bupati Bandung juga mengaku cukup bangga dengan PT Sinar Runnerindo. Sebab salah satu produk sepatunya dengan merek Ventela ini pernah dipakai oleh Presiden Jokowi.

“Saya bangga sekali. Produk sepatunya laku keras. Modelnya bagus dan cukup keren dipakai anak-anak muda di Indonesia. Saya sudah anjurkan untuk persiapan ekspor ke berbagai negara. Karena sudah kualitas ekspor,” katanya.

Sementara itu Manajer HRD dan Umum PT Sinar Runnerindo, Romeo Beny Hutabarat, menuturkan jika perusahaan masih bisa bertahan dengan perubahan pola marketing di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian ia tak menampik jika pandemi sangat berpengaruh terhadap produksi dan penjualan. Tapi, kata dia, tidak begitu signifikan.

“Kami gencar memasarkan secara online. Itu salah satu strateginya. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk tetap produksi dan tidak merumahkan karyawan,” kata dia.

Baca Juga:   Jokowi Tetapkan Status Darurat Masyarakat dalam Upaya Memerangi COVID-19

Dalam segi teknis produksinya, kata dia, karyawannya juga sangat patuh untuk menerapkan protokol kesehatan. Sebab, sebagian besar karyawan memang meminta agar produksi tidak berhenti.

Sejak berdiri pad athaun 1989, PT Sinar Runnerindo sudak beberapa kali melewati masa-masa pahit akibat adanya krisis ekonomi di Indonesia. Kata Romeo, pengalaman itulah yang dijadikan bekal strategi untuk tetap mempertahankan perusahaan agar tetap berproduksi.

“Yang sangat mebantu adalah penjualan online. Tanpa penjualan yang lancar tentu kami tidak akan bertahahn. Saat ini penjualan online dan offline sudah seimbang. Sebelum pandemi, penjualan offline lebih mendominasi sekitar 70 persenan,” kata dia.(put/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here