Enam Ide Kreatif Manfaatkan Limbah Kulit Buah di Rumah

Ilustrasi Manfaat Kulit Buah. (Foto: Merdeka.com)

NOTIF.ID, LIFESTYLE – ketika kita makan buah-buahan, umumnya kita membuang bagian kulitnya karena dianggap tak mempunyai manfaat. Namun, siapa sangka bila kulit buah yang kita makan atau membuat jus untuk menjaga kondisi tubuh dan kecantikan ternyata memiliki manfaat lainnya.

Faktanya, beberapa kulit buah diketahui bisa dimanfaatkan kembali untuk kesehatan tubuh dan kebersihan. Misalnya kulit jeruk, kulit lemon, kulit pisang, dan kulit jeruk Bali.

Berikut, Notif kutip dari berbagai sumber, enam ide kreatif memanfaatkan limbah kulit buah di rumah.

Limbah Kulit Buah Untuk Pupuk Kompos

Sudah tak diragukan lagi, tentunya limbah kulit sisa buah dan sayuran dapat berguna sebagai pupuk kompos sehingga dapat mengurangi sampah organik di sekitar.

Remajakan Kulit Tubuh Dengan Kulit Alpukat

Manfaatkan kulit alpukat untuk kecantikan kulit kalian. Caranya, gosokkan pada kulit, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas. Gosok bagian dalam kulit pada tubuh akan membantu mengelupaskan kulit mati.

Tak ada salahnya bisa dicoba di rumah, dibandingkan mengeluarkan uang untuk membeli produk kesehatan sejenis pelembab alpukat.

Kreasikan Kulit Jeruk Untuk Bahan Pembuat PermenĀ 

Dibandingkan harus membeli jajanan permen dengan pemanis buatan, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk membuat permen sejenis.

Banyak resep jenis kue yang menggunakan bahan membuat permen atau sirup dari kulit jeruk.

Sepatu Berkilau Dengan Memanfaatkan Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata punya manfaat. Caranya, dengan menggosok kulit pisang pada sepatu, dan bisa juga dimanfaatkan pada tanaman hias.

Hasilnya, sepatu dan tanaman hias terlihat lebih bersinar. Secara khusus, tanaman pun bisa tumbuh lebih subur karena pisang kaya potasium.

Ramuan Teh Terbuat dari Kulit Jeruk Bali

Kajian medis menemukan jeruk Bali memang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu yang paling utama adalah menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Ditambah pula dengan fakta lainnya, kulit jeruk Bali bahkan bisa dibuat untuk ramuan teh. Caranya, cukup rebus kulit jeruk dalam air mendidih selama 15 menit. Setelah itu tambahkan madu, dan teh pun siap disajikan.

Kulit Lemon Untuk Bersihkan Dapur dan Kamar Mandi

Tingginya kadar asam sitrat dalam buah lemon dengan aroma yang segar sangat tepat untuk dimanfaatkan untuk membersihkan dapur atau kamar mandi. Pakailah kulit lemon untuk mengusap bagian rumah yang terkecil, misalnya pintu kamar mandi, lalu cuci dengan sabun dan bilas.

Kalian juga dapat memotong kulit lemon menjadi lebih kecil, lalu diletakkan di bagian dasar tempat sampah untuk mengurangi bau tak sedap. Letakkan kulit lemon pada wastafel. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here