Pilkada Serentak di Jawa Barat Dikhawatirkan Picu Penyebaran Covid-19, Pekan Ini Ridwan Kamil akan Gelar Rapat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: ist)

NOTIF.ID BANDUNG – Beberapa bulan lagi kontestasi Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat akan dimulai. Kendati demikian, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan meredanya. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil khawatir jika pesta politik itu akan memicu penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, mengaku khawatir penyebaran kembali terjadi bukan saat pencoblosan. Namun, kata dia, saat pelaksanaaan tahapan yang akan dimulai pada Juni 2020 ini. Seperti kampanye dan pengumpulan massa di tengah pandemi.

“Bukan pas Desember (pencoblosan), tapi kampanyenya dan pengumpulan masa itu sebelum Desember,” ucap Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 8 Juni 2020.

Untuk memastikan agar proses tahapan hingga pencoblosan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat berjalan aman dan kondusif, pekan ini Ridwan Kamil akan menggelar rapat dengan KPU Jabar, KPU kabupaten/kota, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda)..

Baca Juga:   Sepekan Menjelang Puasa, Kapolres Sumedang: Stok Sembako Aman

“Saya mengharapkan bagaimana di delapan daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada ini, indeks demokrasinya tinggi. Tapi tetap dalam melaksanakan proses pilkadanya harus menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Emil pun optimistis jika Pilkada Serentak di Jawa Barat akan berlangsung lancar mengingat daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerahnya berada di zona biru.

“Tapi dengan melihat zona birunya banyak di mana mayoritas yang Pilkada ada di zona biru maka kami meyakini harusnya kita bisa mencari cara agar demokrasi jalan tapi protokol kesehatan masih diperhatikan,” kata dia.

Diketahui, sebanyak delapan kabupaten/kota di Jabar akan melaksanakan Pilkada. Diantaranya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kota Depok.(res/erk)

Baca Juga:   Posyandu di Depok Raih Pakarti Utama III Tingkat Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here