Resmi Tak Lanjutkan PSBB, Kegiatan Keagamaan di Sumedang Bisa Kembali Dilakukan Mulai 2 Juni

Gerbang masuk Kabupaten Sumedang yang berada di wilayah Jatinangor.(notif.id)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang memutuskan untuk tidak melanjutkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar dan menerapkan adaptasi kehidupan baru (AKB) atau new normal.

“Berdasarkan hasil video conference Gubernur Jabar dengan Bupati Sumedang, Kabupaten Sumedang berada di zona biru penyebaran Covid-19, yang artinya Kabupaten Sumedang bisa melakukan new normal atau AKB,” kataJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri saat konferensi pers, di Gedung IPP Sumedang, Jawa Barat, Jumat 29 Mei 2020.

Dikatakan Iwa, pelaksanaan AKB di Kabupaten Sumedang akan dimulai pada Selasa 2 Juni 2020. Selain itu, ujar Iwa, di dalam pelaksanaan AKB termasuk pula adaptasi kegiatan ekonomi yang akan dilaksanakan secara bertahap dan dibarengi dengan peningkatan kewaspadaan individu di ruang publik.

Baca Juga:   Perantau yang Nekat Mudik ke Sumedang akan Diisolasi dan Tidak Boleh Bertemu Keluarga Selama 14 Hari

“Masyarakat Sumedang harus tetap disiplin memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” tuturnya.

Ditambahkan Iwa, terhitung mulai tanggal 2 Juni 2020, tempat ibadah sudah mulai lagi bisa digunakan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, dan di tempat keramaian seperti mal dan pasar tradisional akan dilakukan penjagaan oleh TNI-Polri.

“Dalam beberapa hari kedepan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang akan melakukan sosialisasi secara bertahap dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat termasuk para wirausaha, dan seluruh SKPD,” ujarnya.

Lebih lanjut Iwa mengatakan, banyak negara yang menyambut adaptasi ini dengan euforia. Sehingga, kata dia, terjadi lonjakan penularan dan muncul klaster penyebaran Covid-19. “Warga Sumedang diimbau harus disiplin dan taat aturan. Jangan euforia,” kata dia.(kia/ras)

Baca Juga:   Penting! PT KAI Berlakukan Regulasi Khusus Bagi Calon Penumpang Kereta Selama PSBB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here