Kemensos Siapkan Strategi Menghadapi Fase New Normal

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI, Edi Suharto (kiri) saat meninjau penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos RI, di Kantor Pos Sumedang, Jawa Barat, Jumat 29 Mei 2020.(kiki andriana/notif.id)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah menyiapkan strategi menghadapi fase new normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Mengahadapi fase new normal, Kemensos akan mengupayakan untuk melakukan pendekatan-pendekatan pemberdayaan sosial ,” kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI, Edi Suharto saat meninjau penyaluran bantuan
sosial tunai (BST) dari Kemensos RI, di Kantor Pos Sumedang, Jawa Barat, Jumat 29 Mei 2020.

Bantuan sosial di tahap awal, kata dia, sudah dilakukan. Meski begitu, bantuan sosial tersebut akan terus berjalan. Namun, kata dia, Kemensoa juga akan melakukan program pemberdayaan sosial.

“Program ini untuk penguatan bagi pelaku usaha kecil saat penerapan new normal,” ucapnya.

Baca Juga:   Dinsos KBB Mengaku Tak Tahu Jika Ada Bansos yang Dipotong oleh Oknum di Desa Baranangsiang

Menurut Edi, pihaknya menyebut para pelaku usaha kecil akan tetap menerima bantuan sosial. Selain itu ada juga bantuan penguatan permodalan untuk wirausahawan yang terdampak Covid-19.

Misalnya, kata dia, bagi masyarakat yang tergraduasi penerima Program Keluarga Sejahtera (PKH) yang modalnya kecil tapi sudah merintis usaha tetapi sudah tidak menerima PKH lagi.

“Saat new normal nanti, kami akan bantu permodalannya, sehingga mereka yang telah merintis usaha itu tidak kolaps,” tuturnya.

Ditambahkan Edi, Kemensos akan melakukan pendekatan-pendekatan khusus terhadap masyarakat yang berada di dalam komunitas adat terpencil (KAT) di seluruh Indonesia.

“Untuk BST ini kami salurkan via Kantor Pos, dan bagi KAT Kemensos akan melakukan pendekatan khusus melalui beberapa pilar. Kemensos juga memliki pilar di masyarakat seperti Karang Taruna, dan pekerja sosial masyarakat sampai ke daerah-daerah terpencil, mudahan-mudahan dengan kerjasama antara kantor dengan setiap pilar bisa memperlancar,” kata Edi.(kia/ras)

Baca Juga:   Ditjen Rehsos Perkuat Komitmen Kerjasama Konstruktif Bersama Poltekesos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here