Kapolda Jabar Akhirnya Memutasi Oknum Polisi Tak Bermasker yang Mengamuk di Cek Poin Ciparay

Foto tangkapan dari video viral oknum polisi mengamuk saat diperiksa petugas di Pos Cek Poin Ciparay.(ist)

NOTIF.ID, BANDUNG – Oknum polisi yang mengamuk saat diperiksa di cek poin Ciparay, Kabupaten Bandung tengah diperiksa oleh Propam Polrestabes Bandung. Ia mengamuk lantaran diperiksa petugas karena tak mengenakan masker saat menyetir mobil dan melintas cek poin.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi sendiri menyatakan bakal memutasi seorang anggota polisi yang tak bermasker dan memarahi petugas saat ditegur di pos pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Kabupaten Bandung. Ia akan memutasikannya ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda Jawa Barat.

“Selesai diperiksa, saya pindahkan ke Yanma, boleh diberitakan,” kata Rudy melalui pesan singkat, Minggu 25 Mei 2020.

Rudy menuturkan, tindakan yang dilakukan oknum polisi berinisial H dan berpangkat Bripka itu harus menjadi pelajaran bagi anggota kepolisian lainnya. Sebagai anggota polisi, kata dia, diwajibkan tidak boleh menlanggar aturan atau bersikap arogan.

“Polisi tidak boleh arogan, harus jadi contoh yang baik bagi masyarakat,” kata Rudy.

Berdasarkan informasi yang berhasildihimpun Notif, oknum polisi tersebut dikabarkan merupakan anggota Bagian SIM Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung. Namun polisi tersebut justru melanggar aturan lalu lintas dengan tidak patuh terhadap polisi yang sedang bertugas di jalan.

Diberitakan sebelumnya,

Video seorang oknum anggota Polri yang bertugas di Satlantas Polrestabes Bandung mendadank viral di sejumlah platform media sosial. Oknum anggota Polri yang diketahui Bripka H nampak mengamuk di cek poin Ciparay, Kabupaten Bandung.

Dari informasi yang dihimpun Notif, Bripka H yang mengendari mobil Toyota Fortuner bernopol D 1087 TI itu mengamuk setelah mendapat teguran oleh petugas cek poin lantaran tak mengenakan masker.

Petugas cek poin yang menegur Bripka H adalah Bripka Aas Arbin. Bripka Aas sekaligus memeriksa surat-surat kendaraan milik Bripka H.

Bripka H mengendarai mobilnya dari arah Baleendah ke arah Kota Bandung. Sesampai di cek poin, mobilnya diberhentikan petugas yang diwajibkan untuk memeriksa seluruh kendaraan yang melintas di masa pemberlakukan perpanjangan PSBB di Kabupaten Bandung. Ia justru emosi dan mengajak berkelahi. Bripka H kemudian menghentikan mobilnya di depan Mapolsek Ciparay.

Tak cukup sampai disitu, Bripka H justru mengumpat dan melontarkan kasar-kasar kepada petugas cek poin. Saat itu juga, petugas cek poin lain, Bripka Rizal melaporkan ke Perwira Pengendali (Padal) PSBB, Ipda Ahmad Nurdin.

Ipda Ahmad Nurdin kemudian menhampiri Bripka H, karena khawatir menyulut emosi dan menyebabkan terjadinya keributan antara petugas cek poin dengan Bripka H. Namun, Bripka H masih tetap ngotot. Setelah itu, Bripka H kembali menancapkan gas mobilnya ke arah Jalan Pamageursari.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Ciparay AKP Suyatno membenarkan kejadian itu. Menurutnya kejadian itu terjadi pada Senin 25 Mei 2020, pagi, sekitar pukul 07.45 WIB.

“Betul (ada kejadian itu). Kemungkinan ada salah paham. Tapi sudah ditangani oleh Polrestabes Bandung, kok,” kata dia via sambungan telepon.(put/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here