Inspiratif! Hanya Manfaatkan Grup FB, Seorang Pedagang Ini Mampu Bantu Ratusan Warga Miskin di Sumedang

Soni Hamdani saat memberikan bantuan donasi berupapaket sembako kepada seorang lansia di Dusun cinumbang, RT 001 RW 008, Desa Cilayung, Jatinangor.(ist)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Kegigihan Soni Hamdani untuk membantu masyarakat miskin, khususnya warga terdampak Covid-19 di Sumedang akhirnya membuahkan hasil. Tekadnya dan semangatnya itu akhirnya dilirik banyak orang yang memiliki tujuan yang sama.

Sudah berkali-kali pria berusia 38 tahun ini membantu warga miskin di tengah pandemi. Bukan hartanya yang ia gunakan, tapi keringat dan raganya yang ia manfaatkan.

Warga Jalan Kolonel Ahmad Syam, No 22 RT 002/009, Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang tersebut tergugah setelah mengetahui kondisi riil masyarakat di tengah pandemi.

Terlebih, selaku admin grup facebook Sumedang Barat Community yang memilkii motto Social Limitless, ia kerap mendapat banyak laporan kondisi warga Sumedang yang sangat memprihatinkan. Dengan banyaknya member grup yang ia kelola, akhirnya ia manfaatkan untuk mendapatkan informasi keberadaan adanya warga miskin yang butuh uluran tangan.

Baca Juga:   Dampak Positif COVID-19, Volume Sampah di Jatinangor Berkurang Hingga 50 Persen Setiap Harinya

“Saya hanya bisa memberikan tenaga saya saja. Bukan harta, karena saya tidak punya harta. Ternyata, banyak warga yang kondisinya memprihatinkan. Saya pikir hanya warga yang profesinya seperti saya saja yang kena dampak. Tapi ternyata tidak,” kata Soni yang berprofesi sebagai pedagang dan juga Ketua RW 009 Desa Sayang ini lepada Notif, Sabtu 23 Mei 2020.

Penggalangan dana yang ia inisiasi ternyata mendapat respons yang sangat baik dari member grup dan dari warga Sumedang lainnya. Banyak member grup yang mayoritas warga Sumedang mengulurkan tangannya untuk membantu warga lainnya yang membutuhkan.

Soni pun bersyukur. Hanya dengan memanfaatkan jejaring media sosial ternyata mampu menggalang dana yang ia nilai cukup besar. Ia pun tak menyangka, jika warga Sumedang memiliki rasa empati yang cukup tinggi.

“Member grup solid sekali. Masyarakat lain juga sama. Saling membantu. Saya tidak menyangka mendapat respons yang sangat baik dari mereka. Saya ucapkan terima kasih kepada para member dan hamba Allah yang sudah membantu saya untuk bisa saling berbagi,” katanya.

Baca Juga:   Kodim 0610 Sumedang, Gelorakan Semangat Lagu TMMD

Selama pandemi Covid-19 ini, Soni mengaku sudah menyalurkan ratusan masker, paket semabako, dan uang tunai. Sejumlah warga yang membutuhkan dan mendapat bantuan dari uang penggalangan dana pun tersebar di sejumlah kecamatan.

Antara lain, Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Tanjungsari, Kecamatan Cimanggung, Kecamatan Rancakalong, Kecamatan Rancasari, dan Kecamatan Pamulihan.

Soni menceritakan, sebetulnya awal mula tergeraknya kepedulian membantu warga berangkat dari komunitas gamers, teman-teman masa kuliahnya. “Bahkan ada sejumlah pengusaha yang ikut tergerak. Ikut membantu juga,” kata dia.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Soni dan sejumlah teman-temannya itu akhirnya tergerak kembali. Sejumlah warga yang membutuhkan ia sambangi. Berbekal dana yang telah terkumpul sebelumnya, ia salurkan dalam bentuk paket sembako dan uang tunai.

Baca Juga:   VIDEO : Aspal Tergores Panjang Membahayakan Pengendara di Ruas Jalan Pamulihan - Tanjungsari

“Ada sekitar 569 paket sembako yang kami bagikan. Ada juga uang tunai sekitar 25 amplop yang isinya bervariasi. Dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu untuk tiap KK. Besaran amplop yang kami berikan juga melihat kondisi riil perekonomian warga,” kata dia.

Soni menuturkan, tak ada rasa bahagia selain bisa membantu sesama. Ia berharap semua masyarakat bisa saling membantu satu sama lain di tengah pandemi. Pasalnya, hanya dengan bersatu bisa menyelesaikan kemiskinan masyarakat di Indonesia.

“Jangan saling egois. Saling membantu dan bersatu itu akan lebih memperkuat perekonomian masyarakat. Permasalhan kemiskinan saya kira lambat laun akan tuntas jika semua masyarakat slaing bahu membahu untuk membantu sesama” kata dia.(kia/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here