Besok Lebaran, Gugus Tugas Minta Warga Sumedang Tidak Melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid

Dadang Sundara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang. Foto : Istimewa

NOTIF.ID, SUMEDANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang mengimbau warga agar melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah dan melakukan silaturahmi online dengan teknologi komunikasi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Notif dari pusat informasi masalah Covid-19, Kabupaten Sumedang belum terbebas dari Covid-19 dan belum dinyatakan aman.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sumedang, Dadang Sundara menyebutkan, seluruh wilayah Kabupaten Sumedang masih berpotensi menimbulkan persebaran virus corona (Covid-19). Kendati demikian, atas pertimbangan dan hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kabupaten Sumedang, maka diputuskan pelaksanaan salat Idul Fitri 2020 atau 1441 H di Kabupaten Sumedang tidak dilaksanakan di masjid.

Baca Juga:   Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Usai Bulan Suci Ramadan

“Masyarakat dihimbau untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing,” ucap Dadang Sundara via pesan singkat, Sabtu 23 Mei 2020.

Selain itu, Dadang mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat juga dihimbau untuk menghindari sejumlah titik yang berpotensi menjadi lokasi rawan penyebaran Covid-19. Seperti pasar, teerminal dan tempat-tempat ibadah.

“Masyarakat Sumedang diminta agar selalu waspada dan tetap disiplin menjalankan Physical Distancing, menggunakan masker setiap bepergian keluar rumah, dan sering mencuci tangan pakai sabun,” kata dia.

Dadang menambahkan, masyarakat Sumedang diminta agar lebih berhati-hati dan waspada akan bahaya penyebaran Covid-19 di pusat niaga.

“Penyebaran virus sangat mudah karena droplet bisa menempel di permukaan benda yang ada di pusat perniagaan,” tuturnya.

Baca Juga:   Miris! IPDN Jatinangor Rayakan Lebaran dengan Undang Penyanyi dari Ibu Kota, Tapi Salat Idul Fitri Berjamaah Tak Dilaksanakan

Lebih lanjut, Dadang menuturkan, dalam menanggulangi pandemi Covid-19 diperlukan komitmen dan kedisiplinan serta kerjasama.

“Masyarakat diminta untuk tidak mudik, Lebaran di rumah dan silaturahmi online menggunakan teknologi komunikasi adalah solusi terbaik pengobatan rindu dengan sanak saudara dan keluarga,” katanya.(kia/ras)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here