Ngeri! WMO Sebut Bencana Alam Besar akan Melanda Bumi Hari Ini

Badai Super Siklon Amphan.(Foto: public.wmo.int/en)

NOTIF.ID, INTERNASIONAL – Sebuah bencana alam besar akan melanda bumi pada hari ini, Rabu 20 Mei 2020. Hal itu diungkapkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia PBB yang mengurus cuaca, iklim, dan air atau WMO.

WMO menyebut, bencana alam itu akan melandan beberapa negara di dunia. Dua diantaranya India dan Bangladesh. WMO mengatakan jika bencana alam itu berupa Badai Super Siklon.

WMO bahkan secara resmi mengatakan jika Badai Super Siklon ini merupakan perubahan wujud dari Topan Tropis Amphan yang saat ini semakin intensif terjadi di Teluk Benggala.

Menurut WMO kekuatan Badai Super Siklon setara dengan Kategori 5. “Kategori 5 yang kuat pada Skala Saffir Simpson,” tulis WMO di situs resmi mereka Selasa 19 Mei 2020, seperti dilansir dari Viva.

Baca Juga:   Kabupaten Bandung Wilayah Selatan Jadi Lokasi Paling Rawan Bencana

WMO memperkirakan Badai Super Siklon mendarat pada hari Rabu 20 Mei sebagai badai siklon yang sangat parah atau setara dengan Kategori 3 yang kuat.

“Membawa angin berbahaya, gelombang badai, dan banjir ke daerah pesisir Benggala Barat di India dan Bangladesh,” kata WMO.

Dan yang paling mengerikan, Badai Super Siklon Amphan berada di jalur untuk daerah padat penduduk. “Pada saat pembatasan karena pandemi COVID-19 mempersulit manajemen bencana dan membuatnya lebih diperlukan daripada sebelumnya,” kata WMO.

Departemen Meteorologi India di New Delhi, yang bertindak sebagai Pusat Meteorologi Khusus Wilayah WMO untuk Siklon Tropis, memperingatkan gelombang badai sekitar 4-5 meter di atas gelombang astronomi yang kemungkinan akan menggenangi daerah dataran rendah Benggala Barat selama pendaratan, dan sekitar 3-4 meter untuk Bangladesh.

Baca Juga:   Puluhan Off Roader Kabupaten Bandung Distribusikan Bantuan bencana ke Bogor

Dikatakan Amphan akan melakukan pendaratan dengan kecepatan angin berkelanjutan maksimum 155-165 kilometer perjam, bertiup hingga 185 kilometer perjam.

Pihak berwenang di India dan Bangladesh memobilisasi langkah-langkah manajemen bencana yang luas untuk mencoba memastikan bahwa korban terbatas.

Sementara itu, belum ada laporan resmi apakah bencana besar Badai Siklon Super Amphan bakal berpengaruh pada kondisi cuaca di Indonesia.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here