Ratusan Pedagang di Pasar Baleendah Jalani Rapid Test dan Swab Test

Seorang pedagang Pasar Beleendah tengah menjalani rapid test, Senin 18 Mei 2020.(ist)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Ratusan pedagang Pasar Baleendah menjalani tes Covid-19, Senin 18 Mei 2020. 60 orang pedang menjalani Rapid Test, sementara 40 orang pedagang lainnya menjalani Swab Test.

Kepala Disperindag Kabupaten Bandung, Popi Hopipah menuturkan, pelaksanaan tes  tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebaran Covid-19 di kawasan pasar tradisional.

“Tahap pertama kegiatan kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) itu, dilakukan di Pasar Baleendah,” kata Popi Hopipah di sela-sela kegiatan tes di Pasar Baleendah.

Menurut dia, selain Pasar Baleendah, rencananya tes Covid-19 terhadap pedagang pasar akan dilanjutkan ke pasar-pasar tradisional lainnya.

“Lokasi ini merupakan tahap awal, mudah-mudahan setelah hari raya nanti bisa dilanjutkan di pasar lainnya,” katanya.

Baca Juga:   PIM Sabilulungan Sepi Pembeli, Deny Zaelani: Pemkab Bandung Harus Evaluasi Pengelolaannya

Tes covid-19 di kawasan pasar menurutnya penting untuk dilakukan, mengingat di tempat itu banyak orang berkerumun dan berinteraksi. Dikhawatirkan di pasar tradisional, terdapat OTG (Orang Tanpa Gejala) yang bisa menularkan covid-19.

“Bisa jadi pedagangnya, atau juga pengunjungnya,” tuturnya.

Popi berharap, tes yang dilakukan menunjukkan hasil yang bagus, sehingga bisa menjadi acuannya untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

“Kalau saya pantau, di Pasar Baleendah ini protokol kesehatan sudah diterapkan dengan cukup baik. Mudah-mudahan dari hasil tesnya tidak menunjukkan ada yang positif. Sehingga kami tidak perlu mempertimbangkan penutupan pasar atau tindak lanjut lain yang lebih ekstrim,” kata dia.(put/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here