Penting Dibaca Warga Sumedang! Surat Edaran Perihal Salat Idul Fitri Dilaksanakan di Rumah Resmi Dikeluarkan

  • Whatsapp
Tangkapan layar Surat Edaran Perihal Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H di Kabupaten Sumedang.(ist)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Pemkab Sumedang resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) perihal pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi di Kabupaten Sumedang. SE bersifat penting dan bernomor 451-11/2750/Kesra itu ditandatangani oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir tertanggal 18 Mei 2020.

Dalam SE itu terdapat 4 poin yang menjadi hasil pertimbangan Pemkab Sumedang setelah melakukan rapat dan koordinasi dengan berbagai pihak. Adapun isinya sebagai berikut:

Read More

  1. Hasil rapat pembahasan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiyah Takbior dan Shalat Idul Fitri saat Pendemi Covid-19 yang dihadiri Kapolres Sumedang, Dandim 0610 Sumedang, Ketua MUI Kabupaten Sumedang, Para Pimpinan Ormas Islam dan OPD terkait;
  2. Hasil rapat/koordinasi untuk daerah Kabupaten Sumedang tidak ada pembagian zonasi karena masing-maisng berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19 dan masih banyaknya warga Sumedang berstatus ODR sehingga keberadaannya sulit dipantau;
  3. Penyebaran kasus Covid-19 di Kabuppaten Sumedang belum menunjukkan adanya penurunan;
  4. MUI Kabupaten Sumedang dan seluruh Ormas Islam yang hadir menyempaikan padangannya, bahwa Sahalat Idul Fitri 14431 H dilaksanakan di rumah saja;

Sehubungan hal tersebut, dengan mempertimbangkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Sumedang, diputuskan bahwa Shalat Idul Fitri 2020 M/1441 H di Kabupaten Sumedang dilaksanakan di rumah masing-masing.

Merujuk SE yang telah ditandatanganinya, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengimbau warganya agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

“Masing-masing wilayah berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19 dan masih banyaknya warga Sumedang berstatus ODR, sehingga keberadaannya sulit dipantau,” ucap politisi PPP ini di Sumedang, Senin 18 Mei 2020.

Hingga saat ini, dikatakan Dony, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang belum menunjukkan adanya penurunan yang signifikan.

“MUI Kabupaten Sumedang dan seluruh ormas yang hadir menyampaikan pandangannya, bahwa Shalat Idul Fitri 1441 Hijriyah dilaksanakan di rumah masing-masing,” tuturnya.

Dikatakan Dony, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang saat ini berada dalam posisi meningkat. Sebelumnya, kata dia, jumlah kasus positif Covid-19 di Sumedang hanya 5 orang, namun terjadi penambahan 4 orang pasien.

“Hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Sumedang ada 9 orang,” tutur Dony.

Meski begitu, kata Dony, berdasarkan perkembangan kasus tersebut, Pemkab Sumedang mengeluarkan kebijakan bahwa untuk pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini masyarakat dianjurkan untuk melaksanakannya di rumah masing-masing.

“Hasil musyawarah dengan para pemuka agama, untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri dianjurkan dilaksanakan di rumah masing-masing,” kata dia.(kia/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *