Diskominfo Sanditik: Warga Sumedang Banyak Memforward Konten Hoax Terkait Covid-19 di Media Sosial

Ilustrasi Stop Hoax
Ilustrasi Stop Hoax.(net)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Sanditik) Kabupaten Sumedang menemukan sejumlah konten hoax dan disinformasi yang berkaitan dengan virus corona (COVID-19).

Kepala Dinas Kominfo Sanditik Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, hingga saat ini di Sumedang belum ditemukan ada yang memproduksi konten hoax terkait Covid-19. Kendati demikian, warga Sumedang banyak yang memforward informasi yang tidak benar masalah Covid-19.

“Konten hoax itu tersebar di paltform media sosial facebook dan platform pesan singkat, namun kami tidak bisa memberikan secara spesifik jumlah sebaran konten hoax di Sumedang,” kata Iwa Kuswaeri dihubungi Notif melalui sambungan selualar, Minggu 3 April 2020.

Lebih lanjut, Iwa mengatakan, hingga saat ini Diskominfo Sanditik Sumedang terus melakukan pemantauan konten-konten di media sosial.

Baca Juga:   Pandemi COVID-19 Kurangi Polusi Global, Paus Fransiskus Ajak Masyarakat Dunia Peduli Lingkungan

“Konten hoax dapat menimbulkan keresahan publik, dan dapat diproses hukum oleh aparat kepolisian,” ucapnya.

Dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Perceparan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang ini, pihaknya mengimbau seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Sumedang untuk tidak latah menyebar dan memviralkan informasi hoax terkait Covid-19.

“Saring informasi dahulu sebelum menyebarkan, apabila berita atau informasi tersebut bersifat tidak pasti atau tidak benar (hoax). Hal itu dimaksudkan agar para masyarakat tidak termakan dengan informasi yang tidak pasti akan kebenarannya,” kata Iwa.(kia/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here