Ini Aktivitas Iim dan Ayu yang Bisa Hasilkan Pundi-Pundi Rupiah Meski Hanya Berdiam Diri di Rumah, Intip Yuk!

Iim Suminar (27) tengah membuat Mozarela Stick di kediamannya. Selama di rumah, Iim dan sahabatnya, Ayu membuat camilan ini dan bisa menghasilkan ratusan ribu rupiah setiap harinya.(boby roska/notif.id)

NOTIF.ID, BANDUNG – Wabah Covid-19 yang melanda dunia membuat hampir seluruh negara di dunia menganjurkan masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Sejumlah strategi dilakukan, seperti Lockdwon,maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan Pemerintah Indonesia.

Tentu saja diam di rumah terus menerus dengan waktu yang cukup lama dirasakan sangat menjenuhkan dan membosankan bagi banyak orang. Tapi, banyak orang yang tetap produktif meski hanya di rumah saja. Tak tanggung-tangung, produktifitas selama di rumah juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Seperti yang dilakukan oleh Ayu Axele (29) dan Iim Suminar (27). Bermodalkan kreatifitas dan ketekunan, dua perempuan ini memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan meski diam di rumah. Setiap harinya mereka berdua memproduksi camilan yang terbuat dari tepung roti, garam, dan keju mozarela yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan yang enak dan menggoda selera. Hasil kreasi tersebut dinamakan Moza Ayu.

Baca Juga:   Komunitas Kopi di Jawa Barat Bagikan Seribu Kopi untuk Pejuang Medis yang Tangani COVID-19

“Awalnya nyoba-nyoba tapi ternyata makin banyak yang minta, katanya rasanya enak banget apalagi lelehan keju mozarelanya yang panjang membuat sensasi tersendiri saat memakannya,” kata Ayu saat tengah mengolah Mozarela berbentuk stick tersebut di rumahnya di kawasan komplek Green Garden kelurahan Neglasari Cibeunying Kaler Kota Bandung, Rabu 29 April 2020.

Setiap harinya, Ayu dan Iim yang merupakan ibu rumah tangga ini memproduksi lebih dari 70 pack Mozarela Stick yang sudah dipesan sebelumnya. Bahkan tak jarang mereka berdua memproduksi 100 pack bahkan lebih. Untuk satu pack yang berisi 10 buah, mereka jual dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp15.000.

“Alhamdulillah pesanannya banyak dari sana sini, kita jual murah yang penting pembeli puas dan beli lagi,” kata Ayu.

Baca Juga:   Demo di Depan Gedung DPRD Jabar Ricuh, Beberapa Mahasiswa dan Polisi Terluka

“Moza ini kita pasarkan juga lewat media sosial, dibantu juga oleh teman-teman yang ikut nawarin ke yang lain, jadi makin banyak yang tahu. Kan ada FB, Whatsapp dan IG kita manfaatin itu,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan Iim suminar, ibu dari dua anak ini mengaku terbantu dengan adanya aktifitas yang menghasilkan uang tersebut. Pasalnya di tengah kebijakan Work From Home (WFH) ini membuatnya harus cerdas dalam mengatur keuangan. Apalagi penghasilan suaminya berkurang imbas dari wabah Covid-19.

“itung-itung bantu suami, daripada diam tanpa menghasilkan mending produktif seperti ini yang jelas-jelas bisa mendapatkan uang,” ujar Iim.

Dalam sehari, lanjut Iim, kegiatan yang mereka lakukan bisa menghasilkan ratusan ribu rupiah.

Baca Juga:   Dana Senilai 130 Miliar untuk Bantuan Penanganan Covid-19 Terkumpul Melalui Situs KitaBisa.com

“lumayan sih, sehari bisa dapat diatas Rp300.000, uang segitu di situasi sekarang cukup besar,” katanya.

Kendati demikian, baik Ayu maupun Iim tetap memprioritaskan anak-anak mereka. Mulai dari belajar, bermain, sampai mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR).

“anak-anak tetap yang utama dong, sekolah mereka kan diliburkan, jadi sebagai pengganti guru di sekolah ya kita yang membimbing dan mengajarkan anak saat mengerjakan PR yang diberikan oleh guru,” ucap Iim.

Seperti yang disampaikan oleh pemerintah, pandemi Covid-19 saat ini jangan menjadikan masyarakat merasa terkurung tanpa bisa berkreasi. Pemanfaatan ide dan kreatifitas harus menjadi peluang untuk menambah penghasilan, meski harus dilakukan di dalam rumah. Seperti halnya Ayu dan Iim tersebut.(boy/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here