Booming Konferensi Video di Tengah Wabah COVID-19, Whatsapp Bersama Facebook Ikuti Langkah Sukses Zoom

Ilustrasi video call. (Foto: Pinterest)

NOTIF.ID, TEKNO – Boomingnya layanan konferensi video ditengah pandemi global Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) membuat banyak provider aplikasi lainnya berlomba untuk membuat layanan serupa mengikuti langkah sukses Zoom.

Seperti aplikasi Whatsapp, layanan pesan instan yang sangat populer ini akan segera menghubungkan fitur konferensi video dengan Facebook yang disebut Messenger Room.

Nantinya, pengguna bisa memanfaatkan layanan tersebut melalui pembaruan WhatsApp versi 2.20.139. Saat ini, pembaruan hanya tersedia versi beta.

“Hari ini, kami membagikan cara terbaru untuk berkomunikasi dengan seseorang lewat panggilan video. Kami juga mengumumkan bahwa pembaruan produk ini terintegrasi ke @messenger @facebookapp @instagram @whatsapp @facebookgaming dan @portalfacebook,” cuit keterangan Facebook, via akun Twitter resmi perusahaan @Facebook.

Baca Juga:   Jumlah WNI yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Luar Negeri Hampir Tembus 1.000 Orang

Dikutip dari 9to5google, layanan tersebut belum dipastikan kapan akan terintegrasi antara Messenger Room dan WhatsApp. Namun, dilaporkan bahwa nantinya perusahaan yang berkantor pusat di Menlo Park ini akan menyematkan fitur Room yang disandingkan dengan fitur lain di WhatsApp seperti Document, Gallery, Audio, Location dan Contact.

Ketika pengguna memilih Room, pengguna akan diarahkan ke aplikasi Messenger.

Sebelumnya, Facebook telah menambahkan fitur Messenger Room yang berfungsi untuk melakukan panggilan video ke dalam layanan pesan instan messenger.

Namun, dengan adanya fitur Messenger Room, dipastikan bahwa aplikasi tersebut dapat diikuti sebanyak 50 partisipan. Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk rapat, belajar virtual atau sekadar mengobrol dengan teman dan keluarga tanpa batasan waktu.

Baca Juga:   Aktivitas Perbankan BPR Kerta Raharja Berjalan Normal Selama Pandemi, Ternyata Ini Rahasianya

“Anda dapat mengundang siapa saja untuk melakukan panggilan video, meskipun teman atau keluarga Anda tidak memiliki akun Facebook. Nantinya Messenger Room akan segera menampung sampai 50 orang partisipan tanpa batas waktu,” tulis perwakilan Facebook, di laman resminya.

Disebutkan, ketika seseorang yang menjadi host atau pengundang hendak mengadakan suatu pertemuan, undangan dapat langsung dikirim ke laman News Feed dan Groups&Events pada aplikasi Facebook.

Wakil Presiden Facebook untuk layanan Messenger, Stan Chudnovsky mengklaim, Messenger Room sebetulnya telah lama dikerjakan sebelum wabah virus Corona terjadi.

“Kami telah mengerjakan Messenger Room jauh sebelum virus Corona. Kami sudah meluncurkan layanan ini semenjak empat tahun lalu untuk pengguna kami yang tinggal di Kanada dan Australia,” ungkap Chudnovsky. (*)

Baca Juga:   Tekan Risiko Penularan COVID-19, Bupati: Warga dari Luar Diimbau untuk Tidak Datang ke Sumedang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here