Kelompok Hacker APT32 Vietnam Meretas Informasi COVID-19 di China

  • Whatsapp
Ilustrasi kejahatan Siber yang dilakukan oleh Hacker. (Foto: net)
Perkiraan waktu baca: 3 menit

NOTIF.ID, AMERIKA SERIKAT – Peretas (Hacker) yang diduga bekerja mendukung pemerintah Vietnam berusaha membobol organisasi negara China di Beijing, dalam upaya meretas informasi mengenai wabah Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19). Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan Cybersecurity Amerika Serikat (AS) FireEye, pada Rabu, 22 April 2020.

Perusahaan keamanan siber AS FireEye melaporkan, bahwa hacker yang dijuluki APT32 yang didukung pemerintah Vietnam itu berusaha menyerang lembaga penanganan virus Corona di Beijing dan mencari informasi COVID-19 serta cara penanganannya.

Read More

FireEye mengatakan, APT32 mencoba untuk meretas akun email pribadi dan profesional staf di Kementerian Manajemen Darurat China dan pemerintah Wuhan, kota China di pusat epidemi virus Corona.

Manajer senior untuk analisis di unit intelijen ancaman Mandiant FireEye, Ben Read menerangkan, serangan-serangan itu ditujukan untuk mencari data virus yang menjadi prioritas intelijen.

“Serangan-serangan ini tertuju kepada virus yang menjadi prioritas intelijen – semua orang melempar semua (dugaan) yang mereka miliki padanya, bahwa APT32 dimiliki Vietnam,” kata Ben Read, seperti dikutip Reuters, kamis, 22 April 2020.

Namun, Cyberspace Administration of China (CAC), Kementerian Manajemen Darurat China dan pemerintah kota Wuhan belum menanggapi soal peretasan tersebut.

Hingga saat ini, Pemerintah Vietnam pun tak menanggapi peretasan itu. Pesan yang dikirim ke alamat email yang digunakan oleh peretas pun tak dijawab.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *