Mudah! Begini Cara Menyinkronkan iTunes Music Library Kamu ke Android

Ilustrasi cara mentransfer file musik dari iTunes Music Library ke smartphone Android. (foto: AndroidPit)

NOTIF, GADGET – Sebelum smartphone mampu seperti sekarang, banyak dari kita mendengarkan musik di iPod dan membangun koleksi musik yang sangat besar dalam prosesnya.

Nah, untuk beralih ke Android, termasuk cara menggunakan aplikasi Apple Music resmi untuk mengakses perpustakaan iTunes kamu, ada tips yang bisa kamu lakukan. Sebelum memulainya, kamu bisa menyiapkan sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses perpustakaan iTunes kamu. Ini dia aplikasi yang bisa digunakan :

Google Play Music
doubleTwist
iSyncr
Kabel USB
Apple Music untuk Android

1. Transfer iTunes ke Android menggunakan Google Play Music

Dilansir dari AndroidPit Google Play Music menyediakan penyimpanan cloud hingga 50.000 lagu, dapat diakses dari desktop dan ponsel kamu. Ini kompatibel dengan iTunes. Untuk menyinkronkan kedua sistem, kamu harus mengunduh Google Music Manager (atau Google Play Music untuk Chrome) ke komputer kamu dan aplikasi Google Play Music ke telepon kamu.

Buka program, dan masuk dengan akun Google kamu. Pilih lokasi musik yang ingin kamu unggah (dalam hal ini, iTunes) dan Google Music Manager akan mulai mengunggah file musik yang ada di dalamnya.

Versi desktop akan secara otomatis disinkronkan dengan aplikasi Google Play Music di ponsel kamu dan bukalah, klik My Library dan kamu akan melihat musik kamu mulai muncul. Mengunggah koleksi musik besar dapat memakan waktu cukup lama, tetapi karena kamu tidak perlu menghubungkan ponsel secara fisik ke komputer, kamu dapat menjalani hari kamu, sementara Music Manager melakukan tugasnya.

Google Play Music dapat mentransfer musik Anda dari iTunes dan membebaskan ruang di perangkat Android kamu. (foto: AndroidPit)

2. iTunes dan Android: Sinkronisasi dengan doubleTwist

Dengan program Windows gratis dan aplikasi Android doubleTwist, kamu dapat dengan mudah menyinkronkan perpustakaan iTunes Anda dengan Android. Pertama, unduh program untuk PC kamu dari beranda doubleTwist dan instal. Kemudian ambil ponsel Android kamu dan unduh aplikasi doubleTwist dari Google Play Store.

Aplikasi doubleTwist untuk Android tersedia gratis atau sebagai versi pro untuk sekitar $ 10, tergantung pada wilayah. Yang terakhir ini menawarkan beberapa fitur khusus yang tidak perlu untuk sinkronisasi antara iTunes dan Android.

Baca Juga:   Dukungan Orang Tua Siswa Memuluskan Persiapan UNBK di SMP 2 Handayani Pameungpeuk

Sekarang jalankan doubleTwist di komputer kamu. Kamu memiliki pilihan apakah kamu ingin smatrphone Android kamu menyelaraskan dengan iTunes melalui USB atau AirSync. Akan tetapi direkomendasikan dengan metode USB. Ini tidak hanya termasuk dalam versi gratis doubleTwist, tetapi juga jauh lebih cepat daripada menggunakan Wi-Fi.

Tetapi sebelum kamu dapat mengklik tombol Sync Now, kamu harus terlebih dahulu klik kanan pada ikon doubleTwist di baki sistem Windows dan pilih Preferences -> Gunakan iTunes library untuk membiarkan doubleTwist mengakses iTunes library kamu. Jika memiliki perangkat dengan slot microSD, kamu harus memilih kartu memori eksternal sebagai lokasi penyimpanan dalam pengaturan. Tergantung pada kartunya, kamu dapat memperoleh seluruh koleksi musik di ponsel.

Sekarang, ketika kamu mengklik Sync Now, seluruh koleksi musik iTunes kamu, termasuk semua daftar putar, akan disalin ke samtrphone Android kamu. Jika koleksi kamu lebih besar dari memori smartphone kamu, ini belum tentu solusi terbaik. Lebih masuk akal untuk membuat daftar putar di iTunes yang disebut “Android”, misalnya, yang hanya berisi musik yang ingin kamu salin. Setelah Anda membuat daftar, cukup beralih ke tab Music di doubleTwist dan pilih daftar putar Android yang kamu buat sebelumnya di bawah PlayLists.

Setelah sinkronisasi selesai, kamu sekarang dapat memutar dan mengakses musik iTunes menggunakan doubleTwist Player untuk Android.

Baca Juga:   SMPN 2 Soreang Bolehkan Siswanya Bawa Handphone ke Sekolah, Ini Alasannya...

3. Transfer iTunes ke Android dengan iSyncr

Ada berbagai aplikasi khusus untuk mentransfer musik iTunes kamu ke ponsel Android di Play Store. Kami menguji beberapa dan menemukan bahwa iSyncr adalah yang paling sederhana dan paling efisien.

Untuk memulai, unduh aplikasi iSyncr dari Play Store ke ponsel kamu (periksa tautan di bawah), dan aplikasi desktop ke PC. Sambungkan perangkat kamu ke komputer dengan kabel USB, lalu buka aplikasi desktop iSyncr.

Seharusnya secara otomatis membuka jendela menanyakan file mana yang ingin kamu sinkronkan dengan perangkat kamu. Centang kotak di sebelah iTunes dan kemudian klik Sinkronkan. iSyncr kemudian akan mentransfer file iTunes kamu ke ponsel kamu.

Ketika proses selesai, klik End. Kamu kemudian dapat memutar file menggunakan pemutar musik pilihan kamu, meskipun pembuat iSyncr merekomendasikan aplikasi Rocket Player mereka sendiri. Juga dimungkinkan untuk mentransfer file iTunes melalui Wi-Fi dengan iSyncr, selama ponsel dan komputer kamu terhubung ke internet melalui jaringan yang sama.

4. Transfer iTunes ke Android melalui USB

Jika kamu tidak ingin mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan iTunes dengan ponsel Android, maka kamu dapat mentransfer file secara manual. Metode ini sederhana dan efisien, tetapi, seperti di atas, dibatasi oleh penyimpanan yang tersedia di perangkat kamu atau kartu mircoSD-nya.

Baca Juga:   Resmi Rilis, Asus ZenFone 6 Saingi Apple, Google, dan Samsung

Hubungkan ponsel ke PC kamu dengan kabel USB. Buka Windows Explorer, dan cari folder iTunes di komputer kamu. Seret dan taruh ke folder musik perangkat kamu untuk menyalin file ke ponsel. Musik akan terlihat di aplikasi pemutar musik yang kamu pilih setelah transfer selesai.

5. Gunakan Apple Music untuk Android

Apple biasanya tidak membuat aplikasi untuk Android. Namun dalam upaya untuk menjaga pelanggan iTunes yang dengan bijak beralih ke Android, Apple membuat aplikasi Apple Music untuk Android. Ini memiliki kekurangan, tetapi ini adalah cara resmi untuk mendengarkan musik iTunes di Android.

Karena ini adalah layanan Apple, kamu memerlukan ID Apple untuk menggunakannya. Kamu seharusnya sudah memilikinya. Aplikasi Apple Music memberi kamu fitur yang sama seperti iTunes, dengan rekomendasi 30 juta katalog lagu.

Kamu dapat menyimpan semua PlayLists yang kamu buat saat menggunakan iOS dan mentransfernya cukup sederhana. Ini adalah layanan streaming (seperti Spotify) yang memerlukan berlangganan, tetapi tiga bulan pertama gratis.

Cara menambahkan musik dari koleksi kamu ke aplikasi Android:

Buka iTunes di komputer kamu, tempat dimana kamu membeli musik dari iTunes atau menyalin CD lama. Masuk ke iTunes Store dengan ID Apple kamu di komputer Anda, dan pastikan kamu masuk dengan ID yang sama di aplikasi Android kamu. Di komputer, hidupkan iCloud Music Library dan tunggu sampai diperbarui. Setelah selesai, semua musik kamu di iTunes akan tersedia di aplikasi Apple Music Android.(ell/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here