Perang Melawan COVID-19, Pemkab Sumedang Kaji Opsi Penerapan PSBB di Wilayahnya

  • Whatsapp
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara Sumedang, Jawa Barat, Sabtu 11 April 2020. (Foto: Kiki Andriana/Notif.id)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Setelah dua warga dinyatakan positif terpapar virus Corona (COVID-19), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengkaji penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam upaya mencegah penyebaran virus mematikan itu di kabupaten tersebut.

“PSBB ini kami sedang mengkajinya,” kata Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara Sumedang Jawa Barat, Sabtu 11 April 2020, kemarin.

Read More

Dikatakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, pihaknya tengah mengkaji seluruh aspek sebelum memohon penerapan PSBB. Sebab, kata Dony, PSBB ini ada kriterianya.

“Kriteria PSBB ini harus dilihat dari pertimbangan epidemoilogis, jumlah kasus, dan jumlah kematiannya, pertimbang politik, ekonomi sosial, budaya, dan persiapan sumber dayanya,”ucap Dony.

Baca Juga: Penerapan PSBB Akan Dilakukan di Lima Kota Jawa Barat

Kendati demikian, ditambahkan Dony, Pak Gubernur Ridwan Kamil sudah memberikan arahan, dan akan ada dua klaster yang akan disiapkan untuk PSBB di Jawa Barat.

Selain itu, Dony mengatakan,  permohonan penetapan PSBB harus diajukan dulu ke Pemprov, kemudian diajukan ke Kementerian Kesehatan.

“Sejauh ini kami masih menerapkan optimalisasi pembatasan sosial, namun PSBB ini kami masih mengkajinya,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Notif dari Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Sumedang, per Sabtu sore, 11 April 2020, menunjukkan data kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumedang.

Yakni, kasus positif COVID-19 2 orang, 11 orang terindikasi positif hasil rapid test, negatif hasil swab 6 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 17 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 180 orang, orang dalam risiko (ODR) 12.626 orang, dan orang tanpa gejala (OTG) 67 orang. (kia/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *