ASN Donasikan Hartanya Demi Penanganan COVID-19 di Sumedang, Kini Terkumpul Rp 322 Juta

  • Whatsapp
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir memberikan bantuan masker terhadap petugas kebersihan, di Gedung Negara Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu 11 April 2020. (Foto: Kiki Andriana/Notif.id)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang menggalang dana untuk membantu penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Kabupaten tersebut. Kini, dana yang terkumpul dari para ASN ini mencapai Rp322 juta.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, penggalangan dana ini dalam rangka untuk percepatan penanganan COVID-19.

Read More

“Sumbangan dari Bupati, Wakil Bupati, dan ASN di lingkungan Pemkab Sumedang ini akan digunakan untuk pemenuhan satu juta masker yang akan dibagikan untuk warga Sumedang,”ucap Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara Sumedang, Sabtu 11 April 2020.

Menurut Dony, Pemkab Sumedang telah mencanangkan gerakan satu juta masker. Ia berharap, dengan adanya program ini semua masyarakat Sumedang menggunakan masker bila hendak keluar rumah.

“Harus menggunakan masker, karena kita mengetahui bahwa sekarang ini banyak orang yang positif COVID-19, tidak menunjukan gejala. Mereka sehat tanpa gejala yang tidak menunjukan tanda-tanda terjangkit COVID-19 yang akhirnya leluasa berinteraksi di tengah masayarakat,” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut politisi PPP ini mengatakan, dengan kesadaran menggunakan masker merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk mengoptimalkan pencegahan penyebaran COVID-19 di Sumedang.

“Saya melindungi kamu, dan kamu melindungi saya, karena kita tidak tahu siapa yang terpapar dan siapa yang tidak terpapar,”ucap Dony.

Menurutnya, jika menggunakan masker sekarang merupakan kewajiban yang dicanangkan oleh pemarintah pusat, maka harus ada upaya untuk pemenuhan masker bagi rakyat Sumedang itu sendiri.

Maka, Dony menginstruksikan kepada jajarannya untuk memobilisasi gerakan satu juta masker yang dimana pemerintah, dunia usaha, relawan, masyarakat, bersatu padu bergotong royong untuk menyediakan sejuta masker.

“Sejuta masker ini merupakan ikhtiar dari Pemkab Sumedang dan dalam rangka HUT Sumedang. Hari ini dana yang terhimpun dari ASN di lingkungan Pemkab Sumedang mencapai Rp322 juta, dan kami serahkan kepada Baznas Sumedang,” katanya.

Diketahui, hari ini, 11 April 2020, akan dilakukannya pembagian sebanyak 20 ribu masker untuk komunitas yang ada di Sumedang. Diantaranya ialah, ojek online, ojek pangkalan, juru parkir, petugas kebersihan, sopir, abang becak, dan para pedagang kaki lima (PKL), dan setiap kecamatan kami bagi 1000 masker.

“Total hari ini yang kami bagikan ada 46 ribu masker,” ungkapnya.

Selain itu, Dony mengatakan, untuk setiap kecamatan akan diberikan uang sebesar Rp 5 juta sebagai stimulus gerakan ini. Diharapkannya, setiap kecamatan dapat membuat masker secara mandiri di kecamatan masing-masing.

“Hal ini untuk menghidupkan roda perekonomian di setiap desa maupun kecamatan. Silahkan beli masker di konveksi yang ada di kecamatan masing-masing,” tuturnya.  (kia/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *