Gelar Pemilihan Ketua MA Ditengah COVID-19, Pelaksanaannya Dapat Dilihat di Platform Streaming

  • Whatsapp
Gedung Mahkamah Agung RI, Jakarta. (Foto: nawacita)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, JAKARTA – Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Sekretaris Mahkamah Agung, AS Pudjoharsoyo. Mahkamah Agung (MA) akan melaksanakan pemilihan yang akan digelar pukul 10.00 WIB, pada Senin, 6 April 2020.

“Menindaklanjuti keputusan rapat pleno Mahkamah Agung tanggal 2 April 2020, bahwa pemilihan Ketua Mahkamah Agung RI dilaksanakan pada Senin, 6 April 2020, pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Prof Kusumaatmaja, Gedung Mahkamah Agung,” tulis isi surat edaran, dikutip dari Antara, pada Minggu, 5 April 2020.

Read More

Mohammad Hatta Ali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 2012-2017, kemudian terpilih dalam periode 2017-2022. Saat terpilih dalam periode keduanya, ia berusia 67 tahun dan akan memasuki masa pensiun pada 7 April 2020.

Sementara salah satu syarat menjadi ketua Mahkamah Agung adalah masih menjabat sebagai hakim agung sehingga pemilihan dilakukan sebelum ia memasuki masa pensiun.

Mencegah penyebaran Coronavirus Diseases (COVID-19), dalam pemilihan pengganti Ketua Mahkamah Agung, yakni Mohammad Hatta Ali tidak akan dihadiri oleh sejumlah aparatur peradilan pada satuan kerja pusat dan daerah.

Pada pemilihan ketua MA, hanya akan dihadiri pimpinan Mahkamah Agung, hakim agung serta hakim ad hoc. Namun, pelaksanaannya dapat diikuti dalam platform streaming oleh masyarakat umum.

Khalayak yang hendak mengikuti berlangsungnya acara siaran pemilihan ketua baru MA itu, diminta tetap memperhatikan protokol penanganan pencegahan penyebaran COVID-19, serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *