Mau Tahu Kondisi Kesehatanmu Ditengah Pandemi COVID-19? Kamu Cukup Buka Aplikasi AMARI Ini

Kampus Unpad Jatinangor.(ist)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Dalam upaya membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19, Unpad menciptakan sebuah aplikasi bernama AMARI (Aplikasi Mawas Diri). Aplikasi pemeriksaan mandiri tersebut kini sudah bisa diakses masyarakat melalui situs https://is.gd/AMARICOVID19.

Menurut Keri Lestari, Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad, aplikasi AMARI diciptakan guna mengetahui kondisi masyarakat. Terutama warga di Kabupaten Sumedang yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya ditengah pandemi COVID-19.

“Bagi masyarakat Sumedang yang memiliki kekhawatiran, dan takut terpapar virus Corona tidak harus berbondong-bondong datang ke puskesmas atau rumah sakit.
Masyarakat cukup menggunakan aplikasi AMARI dulu,” kata dia kepada sejumlah wartawan di halaman kantor Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, 21 Maret 2020.

Baca Juga:   Tabrakan Beruntun di Sumedang Akibat Rem Truk Tronton Tak Berfungsi
Keri Lestari, Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan di halaman kantor kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, 21 Maret 2020.(kiki andriana/notif.id)

Menurut Keri, di dalam aplikasi tersebut, pihak Unpad telah menyiapkan beberapa pertanyaan seputar kesehatan dan riwayat kesehatan yang harus diisi masyarakat.

Jika hasil pemeriksaan mandiri di aplikasi tersebut menunjukkan harus dirawat maupun datang ke rumah sakit untuk obeservasi lebih lanjut, maka akan dihubungkan dengan layanan kesehatan yang ada di Sumedang.

“Petugas dari Puskesmas atau dari Dinas Kesehatan nantinya akan menjemput bola atau menjemput pasien tersebut. Sehingga pasiennya tidak perlu ke luar rumah atau berjalan kaki ke rumah sakit,” katanya.(kia/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here