BPBD Mencatat Ada Tujuh Lokasi di Kabupaten Bandung yang Terendam Banjir

Sejumlah anak tengah melintasi jalan yang terendam banjir Kecamatan Baleendah dengan menggunakan karet ban.(notif.id)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung sejak Jumat 20 Maret 2020, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat, setidaknya ada tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung yang kini terendam banjir. Diantaranya, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Katapang, Kecamatan Soreang, Kecamatan Banjaran, dan Kecamatan Majalaya.

“Ada tujuh lokasi yang saat ini terendam banjir di Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi karena terjadinya hujan dengan intensitas tinggi, kemarin,” kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, Sabtu 21 Maret 2020, via pesan singkat.

Menurut dia, banjir terparah terjadi di Kecamatan Baleendah. Setidaknya, tinggi muka air banjir di kecamatan itu mencapai 3,2 meter. Sejumlah rumah warga di Kecamatan Baleendah, terutama di Kampung Andir tak luput dari sergapan air banjir.

Baca Juga:   Ayep Rukmana ASN Kabupaten Bandung Terbukti Tabrak Aturan Netralitas

Dikatakan Budi, banjir di 7 lokasi di Kabupaten Bandung tersebut juga memutus akses jalan yang sebelumnya kerap dilalui kendaraan bermotor. Dari catatan yang ia terima dari lapangan, banjir tersebut merendam setidaknya 9.659 rumah warga, 38 tempat ibadah, dan 26 sekolah.

“11.944 KK atau 42.352 orang warga terdampak akibat abnjir ini. Ini catatan dari tujuh lokasi banjir,” ucap dia seraya mengatakan ada 73 KK atau 229 warga terdampak yang kini mengungsi sesuai data yang dihimpin hingga pukul 10.00 WIB.(fan/ell)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here