Mencontoh Korea Selatan, Indonesia Rencanakan Prosedur Drive Thru Tes COVID-19

Drive Thru Klinik virus Corona di kota Goyang, Korea Selatan. (Foto: Reuters)

NOTIF.ID, JAKARTA – Pemerintah Korea Selatan sebelumnya telah meluncurkan fasilitas drive thru untuk tes virus Corona (COVID-19) di negaranya pada Februari 2020 lalu. Kini, Pemerintah Indonesia tengah menggodok rencana memberlakukan prosedur drive thru untuk tes virus Corona di Tanah Air.

Tercetusnya ide Pemerintah rencanakan prosedur drive thru tes COVID-19 telah banyak disarankan oleh para Pakar epidemi, dokter, hingga anggota Dewan yang menyerukan tes virus Corona secara masif dilakukan di Indonesia, dengan rujukan melihat cara Korea Selatan menangani kasus virus Corona di negaranya.

Dikutip dari Detiknews, menurut Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, rencana ini tengah digodok selama beberapa hari.

Baca Juga:   Bakamla Luncurkan Panduan Menghadapi COVID-19 di Laut Berisi 8 Protokol Khusus

“Sudah beberapa hari ini kita bicarakan mengenai hal tersebut,” katanya, kepada sejumlah wartawan, pada Rabu 18 Maret 2020.

Baca Juga: Dirikan Klinik ‘Drive Thru’, Begini Cara Unik Korea Selatan Tanggapi Virus Corona

Yuri pun mengungkapkan, bahwa test kit yang nantinya akan dipakai oleh pemerintah mengenai prosedur drive-thru tes Corona di Indonesia berasal dari Korea. Korea bisa melakukan tes tersebut dengan ketersediaan test kit yang mereka produksi sendiri.

“Kita sudah merencanakan dan membicarakan sekarang, karena kit-nya harus didatangkan dari Korea,” ungkap Yuri.

Pemerintah memastikan ini bukan wacana. Namun, Belum dipastikan akan diberlakukan kapan.

“Secepatnya pasti, sebanyak mungkin,” kata Yuri.

Diketahui, negara Ginseng tersebut sebelumnya telah meluncurkan fasilitas drive-thru tes virus Corona disejumlah kota seperti, Goyang, tenggara Daegu, Incheon, Sejong dan kota-kota lainnya.

Baca Juga:   Percaya Bisa Manjur, Tim Peneliti Universitas Oxford Mengujicobakan Vaksin Covid-19 ke Manusia

Dengan diluncurkannya drive-thru tes virus Corona, diharapkan warga dapat lebih mudah menjangkau tes COVID-19, sehingga waktu tunggu Pemeriksaan tak memakan waktu yang lama dan juga cepat menangani risiko infeksi COVID-19 secara masif. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here