Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Besok Malaysia Berlakukan Lockdown

  • Whatsapp
Bendera negara Malaysia.(foto: twitter/@NazibRazak
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia mengumumkan pemberlakuan lockdown menyusul terus bertambahnya kasus virus Corona (COVID-19) di negeri Jiran tersebut.

Penerapan lockdown diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin saat konferensi pers Senin 16 Maret 2020, malam.

Read More

Lockdown akan dilakukan dua pekan ke depan, mulai 18 hingga 31 Maret 2020. Keputusan lockdown dibuat pemerintah Malaysia untuk menekan penyebaran COVID-19. Sebab, Pemerintah Malaysia mencatat ada 125 kasus baru dilaporkan hari ini, sehingga total ada 553 kasus.

Sementara diberlakukan lockdown, warga negara asing juga disebut tidak diizinkan memasuki Malaysia. Berbagai acara pertemuan dan gerakan publik, termasuk acara keagamaan, pertemuan olahraga, kegiatan sosial, dan budaya akan dilarang. Sekolah dan lembaga pendidikan juga akan ditutup.

“Untuk menegakkan ini, semua tempat ibadah dan tempat bisnis harus ditutup, kecuali untuk supermarket, toko kelontong dan toko serba ada yang menjual kebutuhan sehari-hari,” kata Muhyiddin.

Dilansir dari Channel News Asia, Muhyiddin melihat peningkatan kasus COVID-19 terjadi dalam waktu singkat pada negara lain. Menurutnya, pihaknya tidak akan menunggu sampai situasi di Malaysia semakin memburuk.

“Saya menyadari bahwa Anda mungkin menemukan semua ini merepotkan dan mengganggu rutinitas harian Anda. Namun, tindakan seperti itu harus diambil oleh pemerintah untuk mengekang penyebaran COVID-19, yang dapat merenggut nyawa rakyat kami,” kata Muhyiddin.

“Kami telah melihat peningkatan mendadak kasus COVID-19 dalam waktu yang sangat singkat di negara lain. Saya yakin Anda tidak ingin hal yang sama terjadi di negara kami. Kami tidak bisa menunggu sampai situasinya memburuk.

Tindakan drastis harus diambil agar kita dapat menghentikan penyebaran virus ini dengan membatasi pergerakan orang. Ini adalah salah satu cara agar kita dapat menghentikan lebih banyak orang Malaysia agar tidak terinfeksi oleh penyakit fatal ini,” ujarnya.

Dia juga meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap bersabar. Menurutnya, langkah untuk melakukan lockdown dapat membantu menghentikan penyebaran Corona.

“Saya harap Anda akan bersabar. Jangan panik, jangan cemas, dan tetap tenang. Saya percaya bahwa langkah-langkah ini akan membantu menghentikan penyebaran virus ini,” tambah Muhyiddin.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *