Tahukah Kamu, Ternyata Cacing Tanah Memiliki Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Cacing tanah. (Foto: net)

NOTIF.ID, HEALTH – Apakah kalian percaya, selain dapat menyuburkan tanah, ternyata cacing tanah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Cacing tanah memang dapat dimanfaatkan sebagai umpan untuk memancing ikan, pakan ternak, ataupun untuk mengolah tanah dan sampah.

Namun, ternyata hewan tanpa tulang belakang ini dalam dunia medis dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Protein Cacing Tanah

Perlu diketahui bahwa kadar protein dan asam amino pada hewan tak berkaki ini cukup tinggi. Kandungan protein (76 persen) di dalam cacing tanah jauh lebih tinggi dari daging mamalia (65 persen) dan daging ikan (50 persen).

Kandungan asam amino dalam cacing tanah mencapai 78-79 gram tiap liternya. Selain protein dan asam amino yang sangat tinggi, cacing tanah juga mengandung vitamin, zat besi dan kalsium dengan konsentrasi yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, cacing tanah juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang bersifat antimikroba, sehingga para pakar ahli kesehatan menilai bahwa cacing tanah sangat berguna untuk melawan berbagai mikroba yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan di dalam tubuh kita.

Dilansir dari Doktersehat, berikut manfaat cacing tanah untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui:

Cacing Tanah Dapat Meningkatkan energi

Manfaat cacing tanah yang banyak orang tidak tahu adalah kemampuannya meningkatkan energi. Hal ini karena kandungan taunin pada cacing tanah yang dapat membantu mengurai lemak dalam tubuh menjadi energi.

Baca Juga:   Flu Menyerang? Tak Perlu Khawatir, Atasi dengan Cara Ini!

Selain itu, konsumsi cacing tanah juga dapat mempercepat penurunan lemak saat menjalankan program diet.

Cacing Tanah Dapat Menjaga kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, tak ada salahnya untuk mencoba konsumsi cacing tanah. Cacing tanah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan mampu mengontrol kadar gula darah pada tubuh dengan baik.

Cacing Tanah Dapat Mengobati Tifus

Dikenal luas sejak zaman China kuno, cacing tanah dapat mengobati penyakit tifus. Kini, Ekstrak cacing tanah tersedia dalam bentuk kapsul. Salah satu manfaat cacing tanah ialah dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella.

Kandungan antibakteri di dalam cacing juga dapat melawan perkembangan bakteri salmonella, sehingga membuat penderita tifus bisa sembuh lebih cepat.

Cacing Tanah Dapat Mengobati Diare

Ekstrak cacing tanah dapat melumpuhkan bakteri jahat seperti bakteri E.coli atau Escherichia coli yang menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare.

Ekstrak cacing tanah bersifat antibakteri, maka penyakit ini bisa segera diatasi dengan cepat.

Cacing Tanah Dapat Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Ekstrak cacing tanah ternyata kaya akan kandungan asam arakidonat yang bisa merangsang kulit memproduksi sel-sel baru sehingga bisa membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat.

Cacing Tanah Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat cacing tanah lainnya dapat melancarkan sirkulasi darah. Ekstrak cacing tanah ternyata memiliki enzim yang bisa membantu menghancurkan kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah sehingga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus menjaga kesehatan organ kardiovaskular.

Cacing Tanah Dapat Mengatasi konstipasi

Baca Juga:   Seorang Notaris Ditemukan Meninggal di Kamar Mandi Kantornya

Konstipasi merupakan salah satu masalah pada buang air besar di mana feses menjadi lebih keras dari sebelumnya. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya luka-luka sekitar anus dan juga memicunya munculnya ambien.

Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat mengkonsumsi cacing tanah. Alasannya karena cacing tanah mengandung nutrisi yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Saat pencernaan dalam tubuh lancar, maka proses penyerapan makanan di tubuh akan berlangsung normal.

Cacing Tanah Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kemampuannya menjaga kesehatan tubuh, merupakan Khasiat yang dimiliki oleh cacing tanah. Cacing tanah memiliki pengenalan memori dan imunologi, seperti hewan invertebrata kompleks lainnya, hewan ini menghasilkan beberapa jenis leukosit, menyekresi dan menyinstesis berbagai molekul imunoprotektif.

Karena cacing tanah memiliki kekebalan bawaan, termasuk beberapa fungsi yang terkait dengan kekebalan adaptif. Maka ceomocytes yang terlibat dalam kekebalan bawaan dapat memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh cacing tanah.

Cacing Tanah Dapat Mengatasi Peradangan

Sejumlah studi mengungkapkan, manfaat cacing tanah juga bisa mengatasi peradangan, proses oksidasi, dan menjadi indikator serum biokimia.
Cacing tanah ini juga mengandung senyawa organik bernama lumbrokinase, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh hiperkoagulasi. Kini, senyawa ini sering digunakan sebagai bahan suplemen makanan.

Baca Juga:   Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Usai Bulan Suci Ramadan

Cacing Tanah Dapat Mengatasi Gangguan Pembuluh Darah

Perlu diketahui, enzim fibrinolitik yang terdapat pada cacing tanah yang telah diekstrak ternyata dapat digunakan sebagai pencegahan penyakit yang berhubungan dengan dengan trombosis atau gangguan pembuluh darah.

Manfaat cacing tanah berikutnya yang bisa didapatkan adalah menjaga kondisi sel saraf tetap dalam kondisi baik. Adalah cacing tanah jenis Pheretima aspergilum memiliki peran pada regenerasi sel saraf.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa cacing tanah berpotensi memperbaiki jalur sinyal pada sel Schwann. Sel ini memiliki peran penting dalam menyembuhkan sel saraf yang rusak.

Manfaat lainnya adalah biokimia ekstrak cacing tanah yang berguna untuk memperbaiki sistem saraf. Pemberian ekstrak cacing tanah jenis Lumbicrus dapat meningkatkan regenerasi sel saraf yang rusak. Namun, temuan ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Perlu diketahui, bahwa terdapat beberapa pengobatan tradisional yang menggunakan ekstrak cacing tanah yang belum melalui proses penelitian oleh parar peneliti kesehatan secara ilmiah untuk membuktikan manfaatnya.

Bahkan tak menutup kemungkinan terdapat beberapa pengobatan tradisional yang justru menimbulkan efek samping berbahaya karena belum ada penelitian ilmiah sebelumnya.

Nah, maka selalu dianjurkan untuk melakukan konsultasi kepada Dokter terlebih dahului bila ingin melakukan pengobatan secara alami dari ekstrak caccing tanah (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here