Dirikan Klinik ‘Drive Thru’, Begini Cara Unik Korea Selatan Tanggapi Virus Corona

  • Whatsapp
Drive Thru Klinik virus Corona di kota Goyang, Korea Selatan. (Foto: Reuters)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, KOREA SELATAN – Semakin banyak pemerintah daerah di Korea Selatan meluncurkan fasilitas tes virus Corona COVID-19 di pinggir jalan minggu ini. Seperti di kota Goyang contohnya telah melakukan prosedur drive thru di klinik virus Corona COVID-19.

Dengan menggunakan pakaian pelindung lengkap dengan kacamata. Para tim medis dari Drive thru di klinik virus Corona COVID-19 di kota Goyang tengah memeriksa para warga dari jendela klinik.

Read More

Dilansir dari Reuters, Drive thru virus Corona COVID-19 diberlakukan karena permintaan dari warga yang melonjak. Pemeriksaan dan meningkatnya waktu tunggu yang cukup lama untuk cek kesehatan dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko infeksi.

Seorang pengemudi diperiksa dari dalam mobilnya untuk melakukan serangkaian tes virus Corona COVID-19 oleh staf medis. Lainnya, mengantre di dalam kendaraan mereka untuk menunggu giliran.

Proses pemeriksaan tak berlangsung lama, hanya membutuhkan sekitar 10 menit untuk memeriksa warga di dalam mobilnya.

“Saya awalnya pergi ke pusat kesehatan masyarakat dan harus menunggu lebih dari satu jam, jadi ini lebih mudah dan lebih cepat,” kata pengemudi, kepada penyiar lokal YTN.

Kasus Corona di Kota Goyang memang belum terjadi. Namun, lonjakan Drive Thru di Klinik virus Corona tampak melonjak.

Penyebaran virus Corona COVID-19 memang merebak sangat cepat. Dalam beberapa hari terakhir, berita tentang infeksi virus mematikan tersebut telah memicu kekhawatiran penularan nasional.

Mayoritas, kasus virus Corona COVID-19 di Korea Selatan berasal dari kota tenggara Daegu (yang juga telah membuka fasilitas drive-thru). Lokasi dimana gereja Shincheonji menjadi pusat penyebaran wabah di negara ginseng ini.

Kota-kota lain, termasuk Incheon dan Sejong, juga turut membuka klinik drive-thru virus Corona COVID-19 mereka sendiri, sementara yang lainnya berencana untuk segera ikut membuka Drive Thru dalam waktu dekat.

kepala pusat kesehatan masyarakat Goyang, Kim An-hyun mengatakan, Fasilitas ini dirasakan dapat mengurangi waktu pengujian sebanyak sepertiga.

“Di sini kita dapat menguji banyak orang dalam waktu singkat dengan cara yang efektif, dan risiko terpapar infeksi lebih rendah, karena dilakukan di dalam mobil,” kata Kim An-hyun, saat diwawancarai oleh MBC. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *