Larry Tesler, Penemu ‘Cut, Copy dan Paste’ Tutup Usia

Larry Tesler, Penemu 'Cut, Copy dan Paste' Tutup Usia di umur 74 tahun, pada Senin, 17 Februari 2020. (Foto: MPMania)

NOTIF.ID, TOKOH – Lawrence Gordon Tesler atau yang akrab dipanggil Larry Tesler, tutup usia di umur 74 tahun, pada Senin, 17 Februari 2020.

Lulusan Ilmu Komputer Universitas Standford, California, Amerika Serikat ini lahir di New York, Amerika Serikat pada 24 April 1945.

Ia adalah seorang ilmuwan komputer Amerika yang bekerja di bidang interaksi manusia-komputer Penemu konsep cut, copy, paste pada komputer.

Sempat bergabung dengan perusahaan gigantik teknologi seperti Xerox PARC, Apple, Amazon, dan Yahoo!.

Dikutip dari The Verge, Tesler bergabung dengan Pusat Penelitian Alto Xerox (PARC) di tahun 1973, dimana dia mengembangkan konsep cut-copy-paste yang difungsikan untuk mengedit teks pada sistem operasi komputer.

Pertemuannya dengan Steve Jobs dimulai ketika ia ditunjuk menjadi pemandu untuk kantor PARC. Menurutnya, Jobs membujuk Tesler untuk bekerja di tim produk Apple. Dia pun tak ambil pikir panjang, lalu menyetujui tawaran Jobs dan menjadi karyawan Apple di tahun 1980.

“Jobs sangat bersemangat dan mondar-mandir di sekitar ruangan. Saya ingat betul perkataan Jobs saat melihat produk besutan PARC, ‘kamu sedang duduk di tambang emas, kenapa kami tidak melakukan sesuatu dengan teknologi ini? Kamu bisa mengubah dunia,'” kata Tesler saat menghadiri acara di Churchill Club, California tahun 2011 silam.

17 tahun mengabdi menjadi kepala ilmuwan untuk Apple, pada akhirnya di tahun 1997 Tesler memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan yang berkantor pusat di Cupertino, California. Lalu, dia bergabung dengan perusahaan retail Amazon.

Tesler menikmati masa pensiunnya sebagai seorang konsultan yang bermarkas di San Fransisco Bay Area, Amerika. Hingga kini, penyebab kematiannya belum terungkap. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here