Kenali Gejala Penyakit Jantung serta Tindakan Tepat Mencegahnya

Ilustrasi gambar Tindakan Cepat Tangani Penyakit Jantung. (Foto: Hellosehat.com)

NOTIF.ID, HEALTH – Penyakit jantung merupakan kondisi yang menggambarkan dimana terjadinya gangguan pada jantung. Secara tidak langsung, penyakit ini sulit untuk dideteksi dan hanya merujuk pada serangkaian masalah yang dapat menyerang jantung.

Tetapi, tak semua gejala awal penyakit jantung itu sama. Penyakit jantung pada pria dan wanita mungkin saja berbeda.

Penyakit ini memiliki beberapa perbedaan, berikut Notif uraikan maca dan gejala penyakit jantung serta tips untuk mencegah penyakit tersebut yang dilansir dari Hellosehat.com.

1. Aritmia

Aritmia merupakan kondisi dimana kelainan jantung ditandai dengan detak dan ritme jantung yang tak teratur. Mulai dari kondisi detak jantung terlalu cepat (tachycardia), terlalu lambat (bradycardia), terlalu awal (kontraksi prematur) dan tidak teratur (fibrilasi).

2. Lemah Jantung

Lemah jantung (Kardiomiopati) merupakan kondisi yang terjadi ketika jantung melemah, sehingga sulit untuk bekerja dengan baik. Penyebabnya adalah otot-otot jantung mengalami gangguan seperti otot yang menebal, melebar, dan sebagainya.

3. Cacat Jantung Bawaan

Congenital heart disease atau penyakit cacat jantung bawaan merupakan penyakit jantung yang sudah ada sejak lahir.

Kondisi ini bisa ditandai dengan adanya lubang di antara dua bilik jantung (cacat septum), obstruksi, yakni aliran dari yang berasal dari bilik jantung terhambat sebagian atau seluruhnya dan gangguan pada aliran darah di jantung sehingga pasokan oksigen berkurang (cyanosis).

4. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan kondisi saat arteri koroner pada jantung menyempit karena adanya penumpukan plak. Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang diperoleh jantung akan lebih sedikit.

5. Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi ketika jantung tak mampu berfungsi dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah menuju jantung bergerak lambat, karena jumlah darah yang tidak mencukupi.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyakit jantung terbagi menjadi beberapa jenis. Karena itu, kita harus mengenali gejala awal penyakit jantung dan tanda dari penyakit tersebut. Beberapa gejala awal penyakit jantung yang umum terjadi seperti:

  • Nyeri pada Dada

Nyeri dada (angina) merupakan gejala awal penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan, karena bersifat nyeri dan rasa tidak nyaman pada dada. Biasanya gejala ini terjadi saat otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen.

Tak hanya pada dada, nyeri juga bisa dirasakan akan menjalar hingga ke lengan, leher, bahu, rahang, hingga punggung. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa hari bahkan minggu.

Namun, tingkat parahnya kondisi nyeri bisa berbeda-beda, tergantung seberapa banyak plak yang menumpuk di arteri koroner jantung.

  • Detak Jantung yang Tidak Teratur

Palpitasi atau yang dikenal sebagai detak jantung yang tidak teratur merupakan gejala yang sangat umum terjadi. Tetapi, hal tersebut dapat menandakan gejala awal dari penyakit jantung.

Banyak orang yang mengalami palpitasi merasakan bahwa detak jantungnya berhenti sebentar, dan kemudian berlanjut kembali dengan irama yang kencang.

Sebagian besar orang yang mengalami palpitasi jantung memiliki aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Ini tergantung dari jenis aritmia yang diderita, Jika detak jantung yang tak teratur memang berujung pada penyakit jantung, biasanya akan disertai dengan tanda lainnya, seperti pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh terasa goyah.

  • ¬†Dada Mengalami Sesak Napas

Sesak napas juga menjadi salah satu gejala yang juga sering terjadi sebagai gejala awal penyakit jantung. Selain terjadi pada penyakit paru-paru, sesak napas dapat menggagalkan fungsi jantung yang berdampak pada tidak lancarnya aliran darah ke jantung.

Aliran darah yang kurang lancar, akan sangat rentan membuat pernapasan menjadi sesak karena kurangnya oksigen. Misalnya pada pasien gagal jantung yang sering mengalami sesak napas, terutama saat sedang berbaring.

Si Penderita juga akan sering mengalami kondisi bangun secara tiba-tiba di malam hari akibat sesak napas. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan nocturnal dyspnea. Masalah lainnya pada jantung, seperti penyakit katup jantung dan penyakit jantung koroner, juga ditandai dengan gejala sesak napas.

Sesak napas merupakan gejala penyakit jantung yang biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri dada. Jadi, bisa dikatakan bahwa sesak napas merupakan salah satu pertanda medis yang tidak bisa dianggap sepele dan butuh perawatan khusus dari dokter.

  • Kepala Terasa Pusing

Pusing adalah kondisi dimana seseorang akan mengalami sensasi seperti akan pingsan, kepala terasa berat (seperti melayang), badan lemas, dan penglihatan yang semakin kabur.

Kepala pusing juga terkadang dikaitkan dengan gejala awal penyakit jantung, misalnya penyakit aritmia jantung, gagal jantung, jantung koroner, dan lain sebagainya.

Disarankan, untuk tidak menyepelekan pusing, terutama jika kondisi ini terjadi dengan waktu yang cukup lama. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter.

  • Kehilangan kesadaran Secara Tiba-tiba

Kehilangan kesadaran tiba-tiba atau disebut juga pingsan termasuk salah satu gejala penyakit jantung yang kerap terjadi. Biasanya, pingsan tidak menandakan adanya masalah medis serius.

Namun dalam beberapa kondisi, kehilangan kesadaran yang disertai dengan munculnya gejala lain yang tidak normal dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Jadi, penting untuk mencari tahu apa penyebabnya jika tiba-tiba hilang kesadaran.

  • Kondisi Badan Terasa Lemas

Kondisi lemas pada badan berarti ketidakmampuan tubuh untuk melakukan fungsi dan tugasnya seperti biasa. Orang dengan kondisi ini dianjurkan untuk banyak tidur dan istirahat guna memulihkan kembali energinya.

Tindakan operasi akan diambil merupakan pilihan terakhir, jika obat jantung dan perubahan gaya hidup dirasa belum cukup untuk mengobati kerusakan pada jantung.

Untuk menjaga jantung kita tetap sehat, perlulah kita menjalani hidup sehat. Dengan cara:

  • menjaga Pola makan yang seimbang, pilihlah makanan yang rendah lemak dan tinggi serat sebagai asupan harian. Disarankan, kurangi konsumsi garam, gula, namun tambahkan asupan biji-bijian.
  • Olahraga rutin setidaknya 30 menit untuk beberapa hari dalam seminggu dapat membawa banyak dampak positif. Seperti menyehatkan fungsi jantung dan seluruh sistem peredaran darah, serta mengurangi jumlah kolesterol pada tubuh dan menjaga kestabilan tekanan darah.
  • Pertahankan berat badan ideal. Jaga agar berat badan dalam kondisi dibatas normal, tak kurang dan tak berlebihan.
  • Hindari rokok dan minum alkohol. Merokok dan minum minuman yang mengandung akolhol, termasuk segelintir faktor risiko penyebab penyakit jantung. Entah itu jantung koroner, serangan jantung, gagal jantung, dan lainnya.
  • Rutin check-up. Pemeriksaan secara berkala bertujuan untuk memantau sejauh mana perkembangan penyakit, sekaligus menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Maka, penting bagi kita untuk selalu konsultasi semua keluhan yang kita rasakan pada dokter. Karena, dengan rutin check-up dan memeriksakan secara berkala bertujuan untuk memantau sejauh mana perkembangan penyakit yang terjadi pada tubuh kita, sekaligus menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. (*)

1 COMMENT

  1. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat. Apabila keluarga kita memiliki riwayat jantung koroner harus selalu menjaga kondisi badan agar selalu stabil. Salah satu dosen dari Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia, menjelaskan cara-cara bagaimana tubuh kita agar selalu sehat dan stabil meskipun memiliki riwayat jantung koroner. Saya akan membagikan link artikel untuk informasi lebih jelas. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

    http://news.unair.ac.id/2020/03/04/keluarga-punya-riwayat-jantung-koroner-simak-cara-jaga-kondisinya-tetap-stabil/

    Sekian dan Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here