Kamu Sakit Asam Urat? Ini Cara dan Bahan Alami untuk Pengobatannya

Ilustrasi sakit asam urat. (ThamKC)

NOTIF.ID, HEALTH – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki-laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Berikut cara pencegahan penyakit asam urat:

1. Menghindari Makanan memiliki zat Purin Tinggi.

2.Perbanyak Minum Air Putih.

3. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Minum Kopi Secukupnya.

5. Konsumsi Buah yang memiliki Antioksidan Tinggi.

6. Menghindari obesitas.

7. Rutin berolahraga.

Berikut adalah bahan alami sebagai pengobatan asam urat yang bisa dikonsumsi:

1. Lemon

Lemon bukan hanya menyediakan vitamin C yang membantu meredakan sakit akibat asam urat. Namun lemon juga membantu menyediakan kalium. Kalium digunakan untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa.

Dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Salah satu caranya mudah, peras lemon ke dalam segelas air hangat, dan minumlah di pagi hari.

2. Cuka apel

Sari cuka apel adalah bahan yang dapat mengurangi terjadinya peradangan, sehingga mencegah timbulnya tumpukan asam urat pada sendi. Sari cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan pada tikus dengan membuat perut kenyang lebih cepat.

Dengan menurunnya berat badan, cara ini dengan tidak langsung akan membuat kadar asam urat juga lebih mudah menurun.

Sebuah studi tahun 2010 dari Oxford Journal Rheumatology juga melaporkan hal serupa. Penelitian ini diikuti oleh pria usia 35-57 tahun selama 7 tahun yang memperlihatkan hasil bahwa orang yang mengalami perubahan berat badan (penurunan) sekitar 22 poin, memiliki kemungkinan 4 kali lebih mungkin untuk menurunkan kadar asam uratnya. Kendati demikian, mengkonsumsi sari cuka apel dapat menjadi cara untuk membantu menurunkan asam urat.

3. Jahe

Jahe mengandung beberapa zat anti peradangan yakni gingerols dan shogaol, Kedua zat ini yang akan membantu mengurangi parahnya peradangan yang timbul.

Minum atau makan jahe juga dapat menjadi cara mengobati asam urat. Jahe berperan sebagai zat anti peradangan yang mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat yang terjadi.

Sumber: Healthline dan berbagai sumber lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here