PPDB SMA di Jember Dipangkas Jadi 3 Zonasi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang, Lutfi Isa Anshori. Foto: notif.id/kusbandono
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang, Lutfi Isa Anshori. Foto: notif.id/kusbandono
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, JEMBER – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Kabupaten Jember mengalami penurunan jumlah zonasi. Di tahun 2018 PPDB ada 6 zona dan saat ini menjadi 3 zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang, Lutfi Isa Anshori mengatakan, pemangkasan tersebut merupakan hasil usulan dari Dinas Pendidikan cabang ke Dinas Provinsi, karena mengacu pada hasil evaluasi ditahun 2018 yang lalu.

Read More

“Pemangkasan zonasi dari 6 menjadi 3, 3 zonasi tersebut diantaranya berada di wilayah timur dan utara dengan jumlah 6 sekolah, pusat kota ada 5 sekolah dan wilayah barat sampai selatan ada 7 sekolah,” kata Lutfi, Selasa 14 Mei 2019.

Dengan dijadikannya 3 zonasi tersebut menurut Lutfi, akan membuka luas bagi peserta didik untuk memilih sekolah yang di inginkan. “Dengan kata lain, jangkauan peserta didik lebih jauh meskipun PPDB tetap diutamakan bagi siswa yang paling dekat dengan sekolahnya dan rumahnya,” ucapnya.

Lutfi juga menambahkan, perubahan aturan zonasi ini hanya diberlakukan kepada SMA Negeri saja, sedangkan untuk SMK tidak berlaku sebab jumlahnya tidak begitu banyak di Jember.(kus/ras)

Laporan Kusbandono dari Jember, Jawa Timur

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *