Suara Masuk di Situng KPU Sudah 76 Persen, Jokowi-Ma’ruf Unggul 14 Juta Suara

Jokowi-Ma'ruf Amin,. Foto; notif.id/instagram jokowi.amin
Jokowi-Ma'ruf Amin,. Foto; notif.id/instagram jokowi.amin

NOTIF.ID, JAKARTA – Sistem Hitung (Situng) KPU RI sudah menghimpun lebih dari 100 juta suara hasil Pilpres 2019. Tercatat pada Jumat 10 Mei 2019 pukul 17.00 WIB, ada 116.825.328 suara yang sudah terkumpul di situng KPU.

Suara yang terkumpul itu dikumpulkan dari 620.471 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, sudah 76,28 persen suara yang masuk di Situng KPU.

Dari penghitungan suara sementara itu, Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 56,2 persen atau 65.699.147 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 43,8 persen atau 51.126.181 suara.

Dari data yang didapat dari Situng KPU, hingga Jumat ini pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sementara masih unggul lebih dari 10 persen perolehan suara.

Baca Juga:   Kapolres Sumedang: Pelaksanaan Jumat Agung di Sumedang Aman

Dalam laman resmi Situng KPU, KPU menyatakan bahwa entri data yang ditampilkan adalah data yang disalin merupakan data apa adanya atau sesuai dengan angka yanh tertulis pada salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.

KPU juga menjelaskan, jika terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1 maka dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Sedangkan jika terdapat perbedaan databantara entri Situng dan salinan Formulir C1, KPU akan melakukan koreksi sesuai data yang tertulis di salinan Formulir C1.

Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.(ras/mrb)

Baca Juga:   Seorang Petugas KPPS di Sumedang Meninggal Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here