Ideologi dan Media Massa

  • Whatsapp
Adiyana Slamet
Adiyana Slamet
Perkiraan waktu baca: 2 menit

Oleh: Adiyana Slamet

Ideologi adalah sistem gagasan atau keyakinan, dan sedangkan seluruh artefak media adalah produk-produk ideologi. Itulah gagasan yang dilontarkn oleh Jane Stokes, tentang bagaimana ideologi mempengaruhi media sebagai simbolisasi penanaman nilai-nilai ideologi tertentu.

Read More

Lebih jauh lagi dalam teori culutural studies dikatakan bahwa, dalam teori ini disebutkan media mewakili ideologi dari kelas-kelas dominan dalam lingkungan. Karena media diatur oleh perusahaan Negara dan pemilik modal non Negara (kapitalis). Disebutkan juga bahwa informasi yang diberikan kepada publik sepenuhnya dipengaruhi dan dibatasi karena kepentingan-kepentingan negara dan pemilik modal.

Lebih jauh lagi dikatakan bahwa media mengatur ritme untuk menghegemoni interpretasi budaya diwilayah tertentu, (Defining Communication Theories, 2006). Posisi ideologi yang dikedepankan mungkin secara eksplisit, seperti dalam traktat religius dan manifesto politik.

Didalam menyikapi sepak terjang media massa, terutama masalah isi, maka yang terjadi adalah ada hal-hal yang tersembunyi dalam penyampaian pesan dalam industri media. Hal ini terbukti didalam kajian Noam Chomsky tentang berita. Berita berupaya menunjukan adanya sebuah agenda pro-Amerika dalam reportase mengenai Negara-negara Dunia Ketiga (Herman& Chomsky, 2002).

Lebih jauh lagi asumsi cendikiawan Marxsist Dorfman dan Mttelart (1975) berargumen bahwa film kartun Donal Bebek adalah saluran bagi individualisme dan ideologi anti-marxsist dan film Indepandenc Day merupakan provokasi AS mengenai kekuatan negara tersebut.

Dalam perkembangannya bahwa Ideolgi dan Media tidak bisa dilepaskan begitu saja karena melalui saluran medialah pesan-pesan akan tersalurkan dan dapat diterima oleh khalayak umum, sehingga persamaan makna dari isi pesan yang disampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kelompok-klompok tertentu yang tentu saja secara eksplisit.

Keyakinan bahwa saluran media untuk menghegemoni pikiran masyarakat umun bisa ditafsirkan bahwa saluran medialah salah satu kunci pokok untuk menyebarluaskan ideologi-ideologi tertentu.

Adiyana Slamet adalah Dosen Komunikasi Politik Fisip Unikom & Unpas sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi dan Politik (LKKP). 

*) Isi dan gagasan tulisan ini adalah tanggung jawab penulis dan bukan bagian dari tanggungjawab redaksi notif.id. Redaksi hanya menyunting tulisan tanpa mengubah substansi isi dan gagasan penulis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment