Kantor Disnakertrans Bandung, Menjadi Pusat Massa Hari Buruh Sedunia 2019 di Jawa Barat

  • Whatsapp
Ilustrasi Aksi Buruh Sedunia. Photo IDN Times/Ardiansyah Fajar.
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, BANDUNG – Polda Jabar akan menerjunkan lebih dari 17.000 personel untuik mengamankan dan mentertibkan selama acara Hari Buruh Sedunia berlangsung. Rencananya massa akan menggelar aksi di kantor Disnakertrans Bandung,

Dilansir dari Kompas.com, Kombes Pol Agung Budi Maryoto menuturkan bahwa tidak akan ada mobilisasi massa dari Jawa Barat ke Jakarta. “Bahwa kegiatan itu akan dilakukan indoor dan outdoor di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jabar, Jumat 26 April 2019,” katanya.

Read More

Untuk perayaan Hari Buruh Sedunia tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Bandung tidak memberikan fasilitas untuk mobilisasi buruh. Namun untuk ke depannya Dinas Perhubungan Kota Bandung sedang menggodok cara untuk melajutkan program tersebut. Dishub akan membagikan Kartu Bus Buruh khusus di gunakan untuk TMB (Trans Metro bandung) walaupun masih dalam wacana.

Ketua DPD KSPSI Jawa Barat Jinto Ferianto mengatakan, pada peringatan Hari Buruh Sedunia di tahun 2019 ini, pihaknya akan mengerahkan ribuan buruh untuk menyuarakan aspirasi dan tuntutan mereka.

“Diantaranya dari 12 tuntutan yang akan di ajukan, mengenai Gubernur Jabar segera menerbitkan Perda penetapan upah minimum sektoral (UMSK). Dan, Gubernur dituntut menerbitkan Perda Pengawasan Ketenagakerjaan Jawa Barat,” ucapnya seperti di lansir dari Sindonews.com.

Sementara, untuk isu nasional, 11 tuntutan buruh menjadi tema orasi yakni menuntut dicabutnya Peraturan Presiden tentang Tenaga Kerja Asing. Cabut PP No 78/ 2015 tentang Pengupahan, cabut Permenaker 15/2018 tentang Upah Minimum, cabut Permenkes 51/2018 tentang Urun Biaya BPJS Kesehatan, tolak revisi UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, turunkan tarif listrik, BBM, gas, pajak, dan harga sembako.

“Kami mohon maaf apabila terjadi kemacetan. Bagi elemen warga masyarakat yang ingin turut memberikan empati dan solidaritas-nya terhadap perjuangan hak dan kepentingan kaum buruh, kami ucapkan banyak terima kasih.” ujarnya, Senin 29 April 2019. (*/ell)

Sumber: Kompas.com, Sindonews.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *