Jelang Ramadan, Bea Cukai Bandung Musnahkan Ribuan Barang Ilegal

  • Whatsapp
Petugas Bea Cukai memusnahkan ribuan barang bukti, di halaman kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai TMP A Bandung, Jawa Barat, Selasa 30 April 2019. Photo. Bani, Jawa Barat.
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, BANDUNG – Petugas Bea Cukai memusnahkan barang bukti ratusan botol minuman keras (miras) ilegal, di halaman kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai TMP A Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 30 April 2019.

Selain ratusan botol miras ilegal, petugas bea cukai pun memusnahkan
ratusan obat berbahaya, ratusan busur panah, dan puluhan Sex Toys.

Read More

Onny Yuar Hanantyoko, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP A Bandung mengatakan, pemusnahan barang ilegal ini dilakukan dalam rangka menciptakan suasana kondusif menjelang bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

“Kantor PPBC TMP Bandung telah melakukan pemusnahan ribuan barang milik negara yang tidak dilengkapi dengan surat surat resmi atau ilegal,” kata Onny Yanuar Hanantoyo kepada Notif saat konferensi pers.

Ditambahkan oleh Onny, bahwa barang-barang yang dimusnahkan diantaranya, tembakau, miras berbagai merk, sex toys, busur panah, kosmetik, dan liquid vape.

“Barang-barang tersebut merupakan hasil penanganan Kantor Pos Bandung selama periode 2018, dan pemusnahan barang sitaan ini setidaknya untuk menjaga kondusifitas selama bulan suci Ramadhan,” kata dia.

“Untuk obat-obatan berbahaya, pemusnahan dilakukan dengan cara digiling menggunakan blender yang telah dicampur dengan cairan spirtus, dan untuk busur panah dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin. Sementara ratusan miras dilindas dengan menggunakan alat berat, dan ratusan bungkus tembakau dimusnahkan dengan cara dibakar,” ucapnya.

Proses pemusnahan barang ilegal di kantor Bea dan Cukai TMP A Bandung. Photo. Bani, Bandung, Jawa Barat

“Pemusnahan ini, berdasarkan surat kepala kantor pelayanan kekayaan, dan lelang Bandung atas nama Menteri Keuangan, dan telah melewati proses administrasi persidangan yang betul,” ucapnya.

Ditambahkan pula oleh Onny, pemusnahan ini dalam rangka menjelang bulan suci Ramadan. “Ada ribuan barang berbagai jenis dan merk yang kami musnahkan karena ilegal dan merupakan barang milik negara,”.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah barang sitaan Bea dan Cukai TMP Bandung cenderung turun. Namun, untuk tahun 2019, ada beberapa komoditi barang baru, yakni liquid vape yang sudah memiliki izin cukai, dan akan mulai melakukan pengawasan serius pada seluruh Vape Store yang ada di wilayah kota Bandung,” ujarnya.

“Dengan penindakan seperti ini, diharapkan bisa membuat warga masyarakat merasa aman dan nyaman, terlebih dalam menjalani ibadah puasa.” kata dia. (boy/ell)

Laporan Boby Roska dari Bandung, Jawa Barat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *