Ratusan Buruh di Sumedang Unjuk Rasa di Depan Kantor Disnakertrans

Gabungan massa buruh menggelar aksi damai menuntut untuk menolak PP nomor 78 Tahun 2015.(Kiki Andriana/notif.id)
Gabungan massa buruh menggelar aksi damai menuntut untuk menolak PP nomor 78 Tahun 2015.(Kiki Andriana/notif.id)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Ratusan buruh gabungan dari Persatuan Perjuangan Pekerja Seluruh Indonesia (PEPPSI), SBG PT. Garuda Food dan KOPERJA/KMU Universitas Padjajaran ( UNPAD) Jatinangor, berunjuk rasa di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang, Senin 22 April 2019.

Dalam aksi tersebut, massa gabungan berorasi menyampaikan tuntutannya.Ketua PEPPSI KSN PT. Kahatex, Yayat Hidayat mengatakan, aksi ini dalam rangka menyambut peringatan hari Buruh Internasional ” May Day ” 2019.

Dalam aksi ini, kata Yayat, buruh menolak Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, menolak sistem kerja kontrak dan outsourching, melaksanakan ketentuan normatif ketenagakerjaan.

“Kami menuntut kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang untuk mengoptimalkan fungsi pengawasannya,” kata dia.

Baca Juga:   Geruduk Mapolres Jember, Puluhan Mahasiwa Bawa Rangkaian Bunga

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Dikdik Sodikin menuturkan jika tuntutan dari demonstran semuanya normatif dan sesuai Undang-undang ketenagakejaan dan kebijakan pemerintah pusat.

Kendati demikian, ujar Dikdik, dari semua tuntutan buruh di Sumedang, Disnakertrans Kabupaten Sumedang akan mengawalnyal.

“Kami akan kawal ke pemerintah pusat, ” kata dia.

Hingga berita ini ditulis, pantauan Notif di lapangan tampak terlihat puluhan petugas Kepolisian dari Polres Sumedang berjaga dalam aksi damai tersebut.(kia/ras)

Laporan Kiki Andriana dari Sumedang, Jawa Barat

Sumber: notif.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here