FKUB Sumedang Deklarasi Bertekad Menjaga Keamanan Pascapemilu

Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) melakukan deklarasi bersama, di Mapolres Sumedang, Sabtu 20 April 2019. (Kiki Andriana/notif.id)
Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) melakukan deklarasi bersama, di Mapolres Sumedang, Sabtu 20 April 2019. (Kiki Andriana/notif.id)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Rekapitulasi suara pemilu serentak 2019 di kabupaten Sumedang hingga saat ini masih terus dilakukan. Namun, untuk menjaga keamanan dan kondusifitas pasca pemilu, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) melakukan deklarasi bersama, di Mapolres Sumedang, Sabtu 20 April 2019.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengapresiasi FKUB Sumedang yang telah berdeklarasi menjaga keamanan pascapemilu. Selain itu, pihaknya mengajak warga Sumedang untuk lebih menjaga Sitkamtibmas dengan aman, damai dan kondusif.

“TNI bersama Polri saat ini masih berada di setiap PPK se-Kabupaten Sumedang, yang bertujuan untuk mengawal proses rekapitulasi di tingkat kecamatan hingga mengawal ke tahapan rekapitulasi suara ditingkat KPU kabupaten Sumedang,” kata Hartoyo kepada sejumlah wartawan di Mapolres.

Baca Juga:   Polisi Razia Penjual Petasan dan Minuman Keras di Darmaraja

Ditempat yang sama, Komandan Distrik Militer 0610 Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah mengapresiasi langkah FKUB kabupaten Sumedang yang telah melakukan deklarasi untuk menjaga keamanan di kabupaten Sumedang pasca pemilu dengan melibatkan tokoh lintas agama.

Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) melakukan deklarasi bersama, di Mapolres Sumedang, Sabtu 20 April 2019. (Kiki Andriana/notif.id)

“Kami menjamin keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sumedang masih kondusif, ” katanya.

Selain itu, menurut Dandim, pasca pemilu, masyarakat sudah menyerahkan hasil pemilu kepada penyelengara pemilu yakni KPU dan kalau pun ada hal-hal yang di luar ketentuan, maka akan ada wadah dan sarana untuk mengurusinya, ” ujarnya

Sementara itu, Syamsul, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama ( FKUB) Kabupaten Sumedang mengatakan, saat ini tengah dilaksanakan tahapan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), perkembangan situasi di Sumedang tetap aman dan kondusif. Menurutnya, sejauh ini tidak ada peristiwa yang dapat mengganggu ancaman keamanan,” kata dia.

Baca Juga:   Antisipasi Anggotanya Meninggal, Kapolres Sumedang Bawakan Dokter

Syamsul bersama tokoh agama yang ada di Kabupaten Sumedang berdeklarasi, bertekad membangun dan menjaga suasana kerukunan hidup antar umat beragama dan kami pun bertekad membangun dialog diantara para pemuka agama dan umat beragama dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya suasana kedamaian, kerukunan antar umat bergama.

“Kami bertekad untuk tetap menjaga sitkamtibmas pasca pemilu bersama aparat pemerintah serta menolak adanya upaya upaya dari pihak tertentu untuk mengagalkan proses demokrasi dan menyerahkan sepenuhnya hasil penghitungan suara pemilu 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujar Syamsul.(kia/ras)

Laporan Kiki Andriana dari Sumedang, Jawa Barat

Sumber: notif.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here